Inovasi Program Multi Level Marketing Generasi Berencana (Mlm Genre) Dalam Mengatasi Perkawinan Anak Di Bawah Umur Di Kabupaten Pasuruan

Winanda, Jessica Eka and I Gede Eko Putra S., S, S.AP., M.AP., Ph.D and Ali Maskur,, S.AP., M.AP., MA (2021) Inovasi Program Multi Level Marketing Generasi Berencana (Mlm Genre) Dalam Mengatasi Perkawinan Anak Di Bawah Umur Di Kabupaten Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkawinan anak di bawah umur masih banyak terjadi di Indonesia hingga Negara Indonesia termasuk ke dalam negara dengan angka perkawinan anak tertinggi. Perkawinan anak di bawah umur banyak terjadi terutama di wilayah tapal kuda, salah satunya yaitu Kabupaten Pasuruan. Terjadinya lonjakan tinggi pada angka perkawinan anak di bawah umur di Kabupaten Pasuruan, Dinas Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Kabupaten Pasuruan menciptakan suatu inovasi program Multi Level Marketing Generasi Berencana (MLM GENRE) yang bertujuan untuk menekan angka perkawinan anak di bawah umur. Terdapat empat langkah strategis di dalamnya yang mana berupa tindakan preventif dan juga tindakan penanganan. Adapun empat langkah strategis tersebut yaitu komunitas genre, safari genre, hello genre, dan salam genre. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis jenis dan karakteristik dari inovasi program Multi Level Marketing Generasi Berencana (MLM GENRE). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di Kabupaten Pasuruan dengan situs penelitian di Dinas Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Pasuruan dan juga di Kecamatan Bangil. Metode pengumpulan data melaui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana (2014). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa inovasi program MLM GENRE tergolong ke dalam jenis inovasi proses, inovasi metode, inovasi produk, dan inovasi hubungan berdasarkan teori yang digunakan. Inovasi program MLM GENRE juga relatif cepat diadopsi oleh masyarakat berdasarkan teori indikator karakteristik inovasi. Namun masih memerlukan peningkatan pada beberapa aspek dalam menjalankan inovasi ini yang dilihat dari 5 (lima) indikator karakteristik inovasi yaitu keunggulan relatif (relative advantage), kesesuaian (compatibility), kerumitan (complexity), kemampuan diuji cobakan (triability), kemampuan diamati (observability).

English Abstract

Child marriages are still common in Indonesia and Indonesia is one of the countries with the highest child marriage rates. Marriage of minors occurs a lot, especially in the horseshoe area, one of which is Pasuruan Regency. The occurrence of a high spike in the number of underage marriages in Pasuruan Regency, the Pasuruan Regency Family Planning and Empowerment Service (Dinas KBPP) created an innovative Multi Level Marketing Generation Planning (MLM GENRE) program which aims to reduce the number of underage marriages. There are four strategic steps in it which are in the form of preventive actions and also handling actions. The four strategic steps are komunitas genre, safari genre, hello genre, and salam genre. This study aims to describe and analyze the types and characteristics of the Multi-Level Marketing Generation Planning (MLM GENRE) program innovation. This study uses a descriptive type of research with a qualitative approach. The research location is in Pasuruan Regency with the research site at the Pasuruan Regency Family Planning and Women's Empowerment Service (KBPP Office) and also in Bangil District. Methods of collecting data through interviews, observation, and documentation. The data analysis method uses an interactive model analysis by Miles, Huberman, and Saldana (2014). The results of the study indicate that the MLM GENRE program innovation is classified into the types of process innovation, method innovation, product innovation, and relationship innovation based on the theory used. The MLM GENRE program innovation is also relatively quickly adopted by the community based on the theory of indicators of innovation characteristics. However, it still requires improvement in several aspects of carrying out this innovation as seen from the 5 (five) indicators of the characteristics of the innovation, namely relative advantage, compatibility, complexity, triability, and observability

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521030198
Uncontrolled Keywords: Inovasi Program, Perkawinan Anak di Bawah Umur, Inovasi MLM GENRE., Program Innovation, Child Marriage, MLM GENRE Innovation
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 14 Feb 2022 03:06
Last Modified: 24 Feb 2022 01:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189745
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
175030101111058 - Jessica Eka Winanda.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item