INOVASI PROGRAM MULTI LEVEL MARKETING GENERASI BERENCANA (MLM GENRE) DALAM MENGATASI PERKAWINAN ANAK DI BAWAH UMUR DI KABUPATEN PASURUAN

-, JESSICA EKA WINANDA (2021) INOVASI PROGRAM MULTI LEVEL MARKETING GENERASI BERENCANA (MLM GENRE) DALAM MENGATASI PERKAWINAN ANAK DI BAWAH UMUR DI KABUPATEN PASURUAN. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkawinan anak di bawah umur masih banyak terjadi di Indonesia hingga Negara Indonesia termasuk ke dalam negara dengan angka perkawinan anak tertinggi. Perkawinan anak di bawah umur banyak terjadi terutama di wilayah tapal kuda, salah satunya yaitu Kabupaten Pasuruan. Terjadinya lonjakan tinggi pada angka perkawinan anak di bawah umur di Kabupaten Pasuruan, Dinas Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Kabupaten Pasuruan menciptakan suatu inovasi program Multi Level Marketing Generasi Berencana (MLM GENRE) yang bertujuan untuk menekan angka perkawinan anak di bawah umur. Terdapat empat langkah strategis di dalamnya yang mana berupa tindakan preventif dan juga tindakan penanganan. Adapun empat langkah strategis tersebut yaitu komunitas genre, safari genre, hello genre, dan salam genre. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis jenis dan karakteristik dari inovasi program Multi Level Marketing Generasi Berencana (MLM GENRE). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di Kabupaten Pasuruan dengan situs penelitian di Dinas Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Pasuruan dan juga di Kecamatan Bangil. Metode pengumpulan data melaui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana (2014). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa inovasi program MLM GENRE tergolong ke dalam jenis inovasi proses, inovasi metode, inovasi produk, dan inovasi hubungan berdasarkan teori yang digunakan. Inovasi program MLM GENRE juga relatif cepat diadopsi oleh masyarakat berdasarkan teori indikator karakteristik inovasi. Namun masih memerlukan peningkatan pada beberapa aspek dalam menjalankan inovasi ini yang dilihat dari 5 (lima) indikator karakteristik inovasi yaitu keunggulan relatif (relative advantage), kesesuaian (compatibility), kerumitan (complexi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 14 Feb 2022 09:03
Last Modified: 14 Feb 2022 09:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189743
[thumbnail of 175030101111058 - Jessica Eka Winanda.pdf]
Preview
Text
175030101111058 - Jessica Eka Winanda.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item