Transformasi Pelayanan Publik Melalui E-Government Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gresik

Nabila, Novia Hidayati and Dr. Hermawan,, S.IP, M.Si.Co and Dr.rer.pol.Romy Hermawan, S.Sos.,M.AP (2021) Transformasi Pelayanan Publik Melalui E-Government Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gresik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses transformasi pelayanan publik yang dianalisis berdasarkan tahapan pelaksanaan e-government menurut gartner group model, faktor pendukung dan penghambat serta dampak kebijakan transformasi pelayanan publik berdasarkan dimensi kebijakan menurut T.R.Dye pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis menurut John W Creswell. Hasil penelitian yang diperoleh adalah dalam proses transformasi pelayanan publik melalui e-government di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gresik ini melalui beberapa tahapan yang setiap tahapan tersebut terdapat pengembangan yang lebih matang dari tahapan sebelumnya, dukungan pimpinan dari segi moral dan meterial serta pemilihan platform yang tepat menjadi faktor pendukung kesuksesan namun nepotisme yang tinggi, jaringan internet yang lemah dan penyampaian informasi yang kurang jelas menyebabkan proses transformasi tersebut tidak optimal. Kebijakan ini juga memiliki dampak terhadap keadaan dimasa sekarang yakni sebagai solusi dalam pelayanan publik dimasa pandemi COVID-19 sedangkan dimasa depan kebijakan ini dapat memberi kemudahan bagi masyarakat dalam mendapatkan pelayanan administrasi kependudukan tanpa mengganggu kegiatan sehari-hari selain itu dari segi biaya yang dikeluarkan masyarakat menjadi lebih efisien. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kebijakan transformasi pelayanan publik melalui e-government di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gresik menjadi solusi dalam pelayanan administrasi kependudukan dimasa pandemi namun adanya beberapa faktor penghambat menyebabkan pelaksanaan transformasi pelayanan publik menjadi kurang optimal. Oleh sebab itu, perlu adanya kajian lebih lanjut tentang optimalisasi kebijakan transformasi pelayanan publik melalui e-government

English Abstract

The purpose of this study was to determine the process of public service transformation which was analyzed based on the stages of e-government implementation according to the Gartner group model, supporting and inhibiting factors and the impact of public service transformation policies based on policy dimensions according to T.R.Dye at the Population and Civil Registration Office of Gresik Regency. This study uses a qualitative approach. Data collection was obtained through interviews, observation, and documentation. This study uses the analytical method according to John W Creswell. The results of the research obtained are in the process of transforming public services through e-government at the Population and Civil Registration Office of Gresik Regency through several stages, each of which has a more mature development than the previous stage, but nepotism, weak internet network and delivery of information that is not clear causes the transformation process is not optimal. This policy also has an impact on the current situation, namely as a solution in public services during the COVID-19 pandemic, while in the future this policy can provide convenience for the community in obtaining population administration services without disturbing daily activities. more efficient. The conclusion of this study is that the policy of transforming public services through e-government at the Population and Civil Registration Office of Gresik Regency is a solution in population administration services during the pandemic but there are several inhibiting factors causing the implementation of public service transformation to be less than optimal. Therefore, there is a need for further studies on optimizing public service transformation policies through e-government

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521030194
Uncontrolled Keywords: Tranformasi Pelayanan Publik, E-Government, Pandemi COVID-19.,ublic Service Transformation, E-Government, Pandemic COVID-19
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 11 Feb 2022 08:01
Last Modified: 23 Feb 2022 07:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189734
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
175030101111042 - Novia Hidayati Nabila.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item