Kepuasan Masyarakat Terhadap Penggunaan Teknologi Siakcapil Dalam Mengakses Layanan Kependudukan Pembuatan E-Ktp Selama Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Kota Tangerang Selatan)

Marchtien, Christian and Sjamsiar Sjamsuddin, Prof. Dr. (2021) Kepuasan Masyarakat Terhadap Penggunaan Teknologi Siakcapil Dalam Mengakses Layanan Kependudukan Pembuatan E-Ktp Selama Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Kota Tangerang Selatan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Siakcapil merupakan sebuah situs layanan kependudukan yang digunakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan sebagai upaya menyediakan layanan kependudukan berbasis daring. Layanan kependudukan ini hadir dan digunakan untuk mengakses kependudukan semenjak tahun 2020 untuk memberikan layanan kependudukan kepada masyarakat selama masa pandemi Covid-19. Adanya situs ini memiliki tujuan untuk meminimalisir dan mengatur jumlah pengakses layanan kependudukan supaya teratur dan menghindari kerumunan orang. Selain itu alasan lain hadirnya Siakcapil untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses pendaftaran layanan kapanpun dan dimanapun.Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Mengukur tingkat kepuasan masyarakat terhadap penggunaan Siakcapil dalam pembuatan E-KTP di Kota Tangerang Selatan, (2) Mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pembuatan E-KTP di Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat pada pelayanan kependudukan pembuatan E-KTP menggunakan metode survei kepuasan masyarakat milik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Untuk tingkat kepuasan penggunaan teknologi Siakcapil menggunakan End User Computing Satisfaction (EUCS) sebagai alat ukur kepuasan masyarakat sebagai pengguna. Jumlah responden yang ikut serta dalam penelitian ini sebesar 379 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukan untuk Siakcapil sendiri setelah dinilai EUCS dengan pendapat masyarakat mendapatkan nilai mutu pelayanan sebesar 82,47 yang berarti tingkat kepuasan masyarakat sudah baik. Untuk tingkat kepuasan masyarakat dalam pembuatan E-KTP sendiri berdasarkan metode survei kepuasan masyarakat mendapatkan nilai sebesar 84,12 yang menandakan tingkat kepuasan sudah baik. Kesimpulan yang bisa diperoleh dari penelitian ini adalah Siakcapil sebagai aplikasi untuk mendaftar layanan kependudukan terkhusus dalam hal layanan kependudukan sudah mencapai tingkat kepuasan yang baik bagi masyarakat Kota Tangerang Selatan dan pelayanan pembuatan E-KTP di Kota Tangerang Selatan sudah mencapai tingkat kepuasan masyarakat yang baik

English Abstract

v ABSTRACT Christian Marchtien, 2020, Public Satisfaction of Utilization Siakcapil Technology for Citizenship Services of E-KTP Making Access During Covid- 19 Pandemic (A Case Study in South Tangerang City) Prof. Dr. Sjamsiar Sjamsuddin 111 hal + xiv Siakcapil is a public website provided by Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukapil) of South Tangerang City for online citizenship administration services. This citizenship service established in 2020 for giving service to the people who need during Covid – 19 pandemic. The purpose of this site to minimalize also organizing amount peoples who want to access citizenship service, and avoid crowded situation from the peoples who need citizenship administration service during pandemic. Siakcapil purposes also to make the easier access for people to sign up for service anytime and anywhere they want. The purpose of this research are: (1) to know people satisfaction about Siakcapil operational for making E-KTP in South Tangerang City, (2) to know people satisfaction rate about E-KTP making service in South Tangerang City. This study is to determine the level of people satisfaction with the service of making E-KTP using the people satisfaction survey method from Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Ministry. Meanwhile for the level of satisfaction with the use of Siakcapil, End User Computing Satisfaction (EUCS) is used as a measuring tool for community satisfaction as users. The number of respondents who participated in this study amounted to 379 people. The results of this study show that for Siakcapil itself, after being assessed by EUCS with the opinion of the people who used it, it gets a service quality score of 82.47 which means that the level of people satisfaction is good. The level of people satisfaction in making the E-KTP itself based on the people satisfaction survey method got a score of 84.12 which indicates the level of satisfaction is good. The conclusion that can be drawn from this research is that Siakcapil as an application for registering citizenship services, especially in terms of population services, has achieved a good level of satisfaction for the people of South Tangerang City and the service for making E-KTP in South Tangerang City has achieved a good level of people satisfaction.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521030187
Uncontrolled Keywords: Kepuasan masyarakat, penggunaan Siakcapil, Layanan E-KTP.,People satisfaction, Siakcapil utilization, E-KTP service
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 11 Feb 2022 03:55
Last Modified: 23 Feb 2022 06:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189716
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
175030100111046 - CHRISTIAN MARCHTIEN.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item