Pramadia, Febrian and Drs. Andy Fefta Wijaya,, MDA, Ph.D and I Gede Eko Putra Sri Sentanu, S.AP., M.AP., Ph.D (2021) Kualitas Pelayanan Kesehatan Dan Kepuasan Pasien Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (Bpjs) Kesehatan Di Puskesmas Mojolangu, Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kualitas pelayanan kesehatan merupakan salah satu hal yang penting dan selalu diperhatikan oleh masyarakat, berbagai lembaga independen, maupun pemerintah sendiri. Memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat merupakan salah satu syarat pokok pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh Variabel kualitas pelayanan yang terdiri dari variabel tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy terhadap kepuasan pasien peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Puskesmas Mojolangu Kota Malang. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan menggunakan metode survei. Sampel dari penelitian adalah masyarakat yang sudah pernah menggunakan layanan BPJS Kesehatan di Puskesmas Mojolangu, Kota Malang yang berjumlah 97 orang dengan teknik purposive sampling, dan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel tangible mendapatkan nilai sebesar 2.170, variabel responsiveness mendapatkan nilai sebesar 2.566 yang dapat diartikan variabel responsiveness berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pasien, variabel assurance mendapatkan nilai sebesar 2.250 yang dapat diartikan variabel assurance berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pasien, dan variabel empathy mendapatkan nilai sebesar 2.368 yang dapat diartikan variabel empathy secara signifikan terhadap kepuasan pasien BPJS Kesehatan di Puskesmas Mojolangu, sedangkan variabel reliability dengan nilai sebesar 0,393 berpengaruh tetapi memiliki nilai yang rendah terhadap kepuasan pasien BPJS Kesehatan di Puskesmas Mojolangu
English Abstract
The quality of health services is one of the important things and is always considered by the community, various independent institutions, and the government itself. Providing quality services to the community is one of the main requirements of health services. This study aims to find out how the effect of service quality variables consisting of tangible variables, reliability, responsiveness, assurance, empathy to patient satisfaction participants of the Health Social Security Organizing Agency (BPJS) in Mojolangu Health Center in Malang City. This type of research is explanatory research using survey methods. The sample from the study was people who had used BPJS Kesehatan services in Puskesmas Mojolangu, Malang City which numbered 97 people with purposive sampling techniques, and data analysis techniques using multiple linear regression analysis. The results showed that tangible variables get a value of 2,170, variable responsiveness gets a value of 2,566 which can be interpreted as variable responsiveness significantly affects patient satisfaction, variable assurance gets avalue of 2,250 which can be interpreted variable assurance significantly affects patient satisfaction, and empathy variable gets a value of 2,368 which can be interpreted as variable empathy significantly to the patient satisfaction of BPJS Kesehatan in Puskesmas Mojolangu, while reliability variable with a value of 0.393 has effect but it has a low value to the patient satisfaction of BPJS Kesehatan at Puskesmas Mojolangu.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0521030185 |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, BPJS, Puskesmas.,Quality of Service, Patient Satisfaction, BPJS, Puskesmas |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 10 Feb 2022 08:44 |
Last Modified: | 23 Feb 2022 03:38 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189704 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
175030100111032 - FEBRIAN PRAMADIA.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2023. Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |