Manajemen Strategi Dalam Meningkatkan Kompetensi Pendidik Dan Tenaga Kependidikan (Studi Pada Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Otomotif Dan Elektronika Malang)

Dewi, Ega Komala and Dr. Ainul Hayat,, S.Pd., M.Si and Taufiq Akbar Al Fajri, SS., M.Pd (2021) Manajemen Strategi Dalam Meningkatkan Kompetensi Pendidik Dan Tenaga Kependidikan (Studi Pada Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Otomotif Dan Elektronika Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Mengingat pentingnya pendidik dan tenaga kependidikan yang figurnya tidak pernah lepas dari proses pendidikan, maka kegiatan pendidikan dan pelatihan diperlukan untuk menuju kualitas yang diharapkan. BBPPMPV BOE Malang merupakan salah satu instansi yang terkait dengan peningkatan dan pengembangan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan. BBPPMPV BOE Malang mempunyai tugas dan fungsi untuk melaksanakan fasilitasi serta peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan pada pendidikan vokasi. BBPPMPV BOE Malang dituntut untuk memiliki manajemen strategi yang mampu mengembangkan program kegiatan yang akan dilaksanakan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis manajemen strategi BBPPMPV BOE Malang dalam meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan. Manajemen strategi yang dimaksud mencakup tiga hal yaitu: Perumusan Strategi, Implementasi Strategi dan Evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan fokus utama proses manajemen strategi dalam meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan. Penelitian ini berlokasi di BBPPMPV BOE Malang. Kontribusi penelitian ini adalah sebagai pengembangan keilmuan Administrasi Pendidikan khususnya bidang pengembangan dan peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan. Hasil dari penelitian ini sesuai dengan fokus yaitu: 1) Perumusan strategi yang meliputi visi, misi dan tujuan, mengidentifikasi faktor internal dan eksternal serta penentuan strategi atau perencanaan untuk pendidikan dan latihan. 2) Implementasi strategi yang meliputi memotivasi pekerja, budaya yang mendukung strategi, mengalokasikan SDM serta proses pelaksanaan kegiatan pendidikan dan latihan. 3) Evaluasi yang meliputi monitoring dan penilaian kepada individu yang terkait dengan proses manajemen strategi serta evaluasi untuk mengukur keberhasilan dan kekurangan dari kegiatan yang telah diselenggarakan.

English Abstract

Given the importance of educators and education personnel whose figures are never separated from the educational process, education and training activities are needed to achieve the expected quality. BBPMPPV BOE Malang is one of the agencies associated with improving and developing the quality of educators and education personnel. BBPMPPV BOE Malang has duties and functions to facilitate and improve the competence of educators and education personnel in vocational education. BBPMPPV BOE Malang is required to have a strategic management capable of developing a program of activities to be implemented. The purpose of this study was to describe and analyze the strategic management of BBPMPPV BOE Malang in improving the competence of educators and education personnel. The strategic management in question includes three things, namely: Strategy Formulation, Strategy Implementation and Evaluation. This study uses a qualitative approach with the main focus of the strategic management process in improving the competence of educators and education personnel. This research is located in BBPMPPV BOE Malang. The contribution of this research is as a scientific development of Education Administration, especially in the field of developing and improving the competence of educators and education staff. The results of this study are in accordance with the focus, namely: 1) Formulation of strategy which includes vision, mission and goals, identifying internal and external factors and determining strategy or planning for education and training. 2) Strategy implementation which includes motivating employees, a culture that supports the strategy, allocating human resources and the process of implementing education and training activities. 3) Evaluation which includes monitoring and assessment of individuals related to the strategic management process as well as evaluation to measure the success and shortcomings of the activities that have been carried out.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521030176
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Strategi, Pendidik dan Tenaga Kependidikan.,Management. Strategy, Educators and Education Personel
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 10 Feb 2022 04:55
Last Modified: 24 Feb 2022 03:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189681
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
165030900111015 - Ega Komala Dewi.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (10MB)

Actions (login required)

View Item View Item