Pengaruh Kemampuan Pengguna, Inovasi Pribadi, Norma Subjektif, Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Adopsi Mobile Payment (Studi Empiris Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya)

Sinuraya, Yoga Rama and Dr. Drs. Zaki Baridwan, Ak., M., Si. (2021) Pengaruh Kemampuan Pengguna, Inovasi Pribadi, Norma Subjektif, Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Adopsi Mobile Payment (Studi Empiris Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi minat adopsi mobile payment (m-payment). Faktor-faktor tersebut adalah kemampuan pengguna, inovasi pribadi, norma subjektif, persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi manfaat. Kerangka konseptual penelitian ini dibentuk berdasarkan model penerimaan teknologi (TAM) dan digabungkan dengan tiga konstruksi yang berpusat pada karakteristik pengguna. Kerangka penelitian yang diusulkan diuji secara empiris oleh data yang dikumpulkan dari 240 pengguna layanan mobile payment yang merupakan mahasiswa Universitas Brawijaya di Kota Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuisioner secara online dan offline. Data dianalisis dengan menggunakan teknik pemodelan persamaan struktural (SEM). Hasil menunjukkan bahwa kemampuan pengguna, inovasi pribadi, norma subjektif dan persepsi manfaat memiliki pengaruh positif terhadap minat adopsi mobile payment. Namun, persepsi kemudahan penggunaan tidak memiliki pengaruh positif terhadap minat adopsi mobile payment. Temuan penelitian ini berguna untuk memahami faktor yang mempengaruhi minat adopsi mobile payment.

English Abstract

This study aims to examine the factors that affecting mobile payments (m-payment) adoption intention. These factors are the self-efficacy, personal innovativeness, subjective norm, perceived ease of use and perceived usefulness. The conceptual framework of this research is formed based on the technology acceptance model (TAM) and combined with three user-centric constructs. The proposed research framework was tested empirically by data collected from 240 users of mobile payment services who were students of Brawijaya University in Malang City. Data collection is done by distributing questionnaires by online and offline. Data were analyzed using structural equation modeling techniques (SEM). The results show that self-efficacy, personal innovativeness, subjective norm and perceived of usefulness have a positive impact on mobile payment adoption intention. However, the perceived ease of use has no positive impact on the mobile payment adoption intention. The findings of this study are usefull for understanding the factors that affect mobile payment adoption intention.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521020319
Uncontrolled Keywords: Minat Adopsi, Inovasi Pribadi, Norma Subjektif, Kemampuan Pengguna, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat, Mobile Payment, Adoption Intention, Personal Innovativeness, Subjective Norm, Self-Efficacy, Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, Mobile Payment
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 10 Feb 2022 03:56
Last Modified: 25 Feb 2022 03:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189670
[thumbnail of DALAM MASAEMBARGO] Text (DALAM MASAEMBARGO)
Yoga Rama Sinuraya.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item