Strategi Pemerintah Kota Mojokerto Dalam Meningkatkan Pelayanan Masyarakat Di Gmsc (Graha Mojokerto Service City)

Syakniyah, Fashihatus and Prof. Dr. Drs. Soesilo Zauhar, MS (2021) Strategi Pemerintah Kota Mojokerto Dalam Meningkatkan Pelayanan Masyarakat Di Gmsc (Graha Mojokerto Service City). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berdasarkan Undang-Undang No 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dijelaskan bahwa pelayanan publik merupakan kegiatan dalam rangka untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat berbasis pelayanan, sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara. Adanya penyelenggaraan pelayanan publik di pusat maupun daerah masih terdapat permasalahan pelayanan seperti prosedur masih berbelit-belit, proses birokrasi yang panjang, sarana dan prasarana kurang memadai, minimnya penggunaan teknologi informasi, serta kurangnya kerjasama yang dilakukan dalam organisasi pemerintah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis Strategi Pemerintah Kota Mojokerto dalam meningkatkan pelayanan publik di Graha Mojokerto Service City (GMSC) serta mengetahui faktor internal dan eksternal dengan menggunakan metode SWOT . Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berlokasi di Graha Mojokerto Service City (GMSC) . Fokus dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi Pemerintah Kota Mojokerto dalam meningkatkan pelayanan publik di GMSC. Adapun situs dalam penelitian yaitu pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Mojokerto, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Mojokerto, serta Unit Layanan Paspor Mojokerto. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Mojokerto memiliki tiga strategi yang di jalankan. Akan tetapi, pengimplementasian strategi pengembangan infrastruktur masih belum optimal. Pada implementasi strategi infrastruktur masih terjadi miskomunikasi yaitu pada sasaran program pengawasan dan pengendalian penanaman modal. Hal tersebut dikarenakan belum adanya kajian kemudahan intensif perizinan dan penanaman modal yang ada. Sehingga mengakibatkan kurang adanya keterbukaan dari pelaku usaha untuk melaporkan nilai investasinya dikarenakan takut ada keterkaitan dengan pajak. Saran yang diberikan penulis adalah (1) Penambahan sarana dan prasarana berupa mesin nomor antrian terintegrasi, ruangan pengaduan secara terintegrasi, tempat fotocopyan, mobil keliling, dan ATM Center. (2) Meningkatkan sosialisasi terkait pelayanan secara online yang bisa dilakukan dengan dua metode yaitu berbayar dan tidak berbayar. (3) Perlu adanya koordinasi yang baik antara DPMPTSP dengan pihak internal dan eksternal, (4) Memberikan pemahaman kepada pelaku usaha yang belum memiliki izin yang berlaku efektif untuk segera melengkapi izin yang dibutuhkan sebagai syarat terbitnya izin berusaha

English Abstract

Based on Law No 25 of 2009 concerning Public Services, it is explained that public services are activities in the context of meeting the needs of the community based on services, in accordance with the laws and regulations for every citizen. With the implementation of public services at the center and at the local level, there are still service problems such as convoluted procedures, long bureaucratic processes, inadequate facilities and infrastructure, minimal use of information technology, and lack of cooperation within government organizations. The purpose of this study is to determine, describe, and analyze the Strategy Mojokerto City Government in improving public services at Graha Mojokerto Service City (GMSC) and to determine internal and external factors using the SWOT method. This study uses descriptive research with a qualitative approach located in Graha Mojokerto Service City (GMSC). The focus of this research is to find out the strategy of the Mojokerto City Government in improving public services at GMSC. The sites in the research are the Office of Investment and One Stop Integrated Services of Mojokerto City, the Department of Population and Civil Registration of Mojokerto City, and the Passport Service Unit of Mojokerto. Data collection techniques used in this study were interviews, observation, and documentation. The results showed that the Office of Investment and One Stop Services in Mojokerto City had three strategies to implement. However, the implementation of the infrastructure development strategy is still not optimal. In the implementation of the infrastructure strategy, communication errors still occur, namely the target of the capital control and control program. This is because there is a study on the ease of intensifying licensing and there is no existing investment. This results in a lack of income from business actors to report the value of their investment for fear of being related to taxes. The suggestions given by the author are (1) Addition of facilities and infrastructure in the form of an integrated queue number machine, integrated complaint room, photocopying place, mobile car, and ATM Center. (2) Increasing socialization related to online services that can be done by two methods, namely paid and unpaid. (3) It is necessary to have good coordination between DPMPTSP and internal and external parties, (4) Provide understanding to business actors who do not yet have an effective permit to immediately complete the required permits as a condition for the issuance of business permits

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521030163
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Strategi, Analisis SWO.,Public Service, Strategy, SWOT Analysis
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 10 Feb 2022 02:08
Last Modified: 24 Feb 2022 01:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189646
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
165030107111077 - Fashihatus Syakniyah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (9MB)

Actions (login required)

View Item View Item