Hidayat, Rahmawan and Dr. Wahdiyat Moko,, SE., MM (2021) Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Situs Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser dan brand awareness terhadap keputusan pembelian online pada situs marketplace shopee. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 140 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan karakteristik mahasiswa universitas brawijaya dan pernah melakukan pembelian melalui marketplace shopee minimal sebanyak 2 kali pembelian. Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS 25. Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa variabel celebrity endorser berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian, hal ini dibuktikan dengan thitung > ttabel (2,525 >1,977) dan sig α = 0,013 < 0,050 dan brand awareness berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian, hal ini dibuktikan dengan thitung > ttabel (7,084 > 1,977) dan sig α = 0,000 < 0,050.
English Abstract
This study aims to determine the effect of celebrity endorsers and brand awareness on online purchasing decisions on the Shopee marketplace site. This type of research is explanatory research which explains the causal relationship between variables through hypothesis testing. This study used a sample of 140 respondents. Sampling using purposive sampling technique with the characteristics of Brawijaya University students and have made purchases through the Shopee marketplace at least 2 times. This research uses validity test, reliability test, classical assumption test, and hypothesis test. The analytical technique used is multiple linear regression analysis using SPSS 25. Based on the test results, it can be concluded that the celebrity endorser variable has a significant effect on purchasing decisions, this is evidenced by t-count > t-table (2.525 > 1.977) and sig = 0.013 < 0.050, and brand awareness has a significant effect on purchasing decisions, this is evidenced by t-count > t-table (7.084 > 1.977) and sig = 0.000 <0.050.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0521020301 |
Uncontrolled Keywords: | celebrity endorser, brand awareness, keputusan pembelian, celebrity endorser, brand awareness, purchase decisions |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 09 Feb 2022 02:05 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 07:10 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189597 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
175020201111029 - Rahmawan Hidayat.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2023. Download (6MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |