Pengaruh Kualitas Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Terdaftar Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan)

Willmart, Cevin and Ayu Fury Puspit4, SE., M.S.A., Ak. (2019) Pengaruh Kualitas Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Terdaftar Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pajak merupakan tumpuan pemerintah dalam menjalankan roda pemerintahan. Hal ini dikarenakan penerimaan pajak merupakan sumber penerimaan Negara terbesar saat ini yaitu mencapai 80% dari penerimaan negara (Kementerian Keuangan, 2018). Oleh sebab itu, Direktorat Jenderal Pajak terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada Wajib Pajak dengan harapan dapat meningkatkan kesadaran dan keinginan masyarakat untuk tertib sebagai Wajib pajak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan fiskus terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei untuk memperoleh data. Responden dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan sejumlah 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan fiskus dengan indikator keandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik berpengaruh terdahap kepatuhan wajib pajak orang pribadi.

English Abstract

Taxes are the foundation of the government in running the wheels of government. This is because tax revenue is the largest source of state revenue, reaching 80% of state revenue (Ministry of Finance, 2018). Therefore, the Directorate General of Taxes continues to improve the quality of service to taxpayers to increase public awareness and desire to be orderly as a taxpayer. The purpose of this study is to examines the influence of fiscus service quality toward taxpayer compliance. This study uses quantitative approach. The data collection method uses survey methos. The respondents in this study are 100 individual taxpayers that listed in Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan. The result of the examination shows that the quality of fiscus service with indicators of reliability, responsiveness, assurance, empathy and physical evidence has a siginificant influence toward taxpayer compliance.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0519020012
Uncontrolled Keywords: pajak, kualitas pelayanan fiskus, kepatuhan wajib pajak, tax, fiscus service quality, taxpayer compliance
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 08 Feb 2022 07:56
Last Modified: 08 Feb 2022 07:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189565
[thumbnail of 125020305111003 - Cevin Willmart.pdf]
Preview
Text
125020305111003 - Cevin Willmart.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item