Pengaruh Modal Sosial Terhadap Produktivitas Petani di Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan

Laksono, Devia Riastika and Gunawan Prayitno, SP., M.T Ph.D. and Nindya Sari, S.T M.T. (2022) Pengaruh Modal Sosial Terhadap Produktivitas Petani di Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Modal sosial merupakan aset yang berada didalam masyarakat, modal sosial saat ini tumbuh dan berkembang melalui pola interaksi yang dilakukan oleh masyarakat, salah satunya masyarakat dengan mata pencaharian sebagai petani. Modal sosial sendiri merupakan sebuah konsep yang didalamnya terdapat aspek-aspek dari struktur hubungan antar individu yang memungkinkan untuk menciptakan interaksi dan nilai-nilai. sehingga interaksi yang terjadi akan mempermudah proses penyebaran informasi terkait sektor pertanian yang di harapkan nantinya akan berdampak pada produktivitas pertanian. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1). Mengetahui kondisi modal sosial yang ada di Kecamatan Pandaan. 2). Mengetahui apakah modal sosial memiliki pengaruh terhadap produktivitas petani di Kecamatan Pandaan. Dalam penelitian ini akan diperoleh data primer melalui observasi dan wawancara dengan jumlah keseluruhan jumlah petani adalah sebanyak 500 orang. Sementara itu, data sekunder diperoleh melalui data dari instansi terkait dan juga referensi- referensi pendukung seperti artikel, jurnal, skripsi dan tesis. Penilaian atas data yang telah di himpun akan dihitung melalui skala likert yang kemudian akan di lakukan perhitungan untuk mengetahui kecenderungan jawaban dari masing-masing responden. Dari kedua hal tersebut, guna mendapat kan nilai atas pengaruh modal sosial tersebut maka digunakan Analisis Regresi Linier Berganda.

English Abstract

Social capital is an asset that is in the community, social capital is currently growing and developing through patterns of interaction carried out by the community, one of which is the community with a livelihood as a farmer. Social capital itself is a concept in which there are aspects of the structure of relationships between individuals that allow for creating interactions and values. so that the interactions that occur will facilitate the process of disseminating information related to the agricultural sector which is expected to have an impact on agricultural productivity. The objectives of this research are 1). Knowing the condition of social capital in Pandaan District. 2). Knowing whether social capital has an influence on farmer productivity in Pandaan District. In this study, primary data will be obtained through observation and interviews with the total number of farmers being 500 people. Meanwhile, secondary data was obtained through data from related agencies and also supporting references such as articles, journals, theses and theses. The assessment of the data that has been collected will be calculated using a Likert scale which will then be calculated to determine the tendency of the answers of each respondent. From these two things, in order to get a value for the influence of social capital, Multiple Linear Regression Analysis is used.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522070009
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Modal Sosial, Produktivitas Petani, Petani.
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities > 307.1 Planning and development > 307.121 6 City planning
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: yulia Chasanah
Date Deposited: 08 Feb 2022 03:17
Last Modified: 24 Feb 2022 03:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189526
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
165060601111005 - Devia Riastika.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item