Kualitas Walkability pada jalur pejalan kaki lingkar luar kebun raya Bogor

Pratama, Ryan Farid and Ir. Jenny Ernawati, MSP, Ph.D. (2021) Kualitas Walkability pada jalur pejalan kaki lingkar luar kebun raya Bogor. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kota Bogor merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang mempunyai visi untuk mewujudkan kotanya sebagai kota yang ramah dengan pejalan kaki atau disebut dengan walkable city. Pada tahun 2017 Pemkot Bogor telah menyelesaikan revitalisasi serta meresmikan Lingkar Luar Kebun Raya Bogor yang merupakan salah satu dari banyak jalur pejalan di kota Bogor yang diharapkan mampu menarik minat warga Kota Bogor dalam meningkatkan budaya berjalan kaki. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mengeidentifikasi kualitas walkability jalur pejalan kaki Lingkar Luar Kebun Raya Bogor tersebut karena kurang sesuainya ekspektasi pemerintah atau kurangnya minat pejalan kaki. Space Syntax digunakan di dalam penelitian ini karena selain berkaitan erat dengan pergerakan pejalan kaki, space syntax digunakan juga sebagai alat untuk mengetahui kualitas walkability yang nantinya akan terlihat bagaimana integrasi ruang tersebut memengaruhi pergerakan pejalan kaki di area tersebut. Metode penelitian campuran (mix methods) diterapkan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil space syntax dan observasi yang nantinya dianalisis keterhubungannya dengan cara superimpose (overlay). Hasil diperoleh berupa kualitas walkability setiap titik dengan kategori yang mendominasi ialah kategori baik dan sangat baik dengan persentase sebesar 35,5% sementara 6 titik lainnya berada pada kategori buruk dan sangat buruk

English Abstract

Kota Bogor merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang mempunyai visi untuk mewujudkan kotanya sebagai kota yang ramah dengan pejalan kaki atau disebut dengan walkable city. Pada tahun 2017 Pemkot Bogor telah menyelesaikan revitalisasi serta meresmikan Lingkar Luar Kebun Raya Bogor yang merupakan salah satu dari banyak jalur pejalan di kota Bogor yang diharapkan mampu menarik minat warga Kota Bogor dalam meningkatkan budaya berjalan kaki. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mengeidentifikasi kualitas walkability jalur pejalan kaki Lingkar Luar Kebun Raya Bogor tersebut karena kurang sesuainya ekspektasi pemerintah atau kurangnya minat pejalan kaki. Space Syntax digunakan di dalam penelitian ini karena selain berkaitan erat dengan pergerakan pejalan kaki, space syntax digunakan juga sebagai alat untuk mengetahui kualitas walkability yang nantinya akan terlihat bagaimana integrasi ruang tersebut memengaruhi pergerakan pejalan kaki di area tersebut. Metode penelitian campuran (mix methods) diterapkan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil space syntax dan observasi yang nantinya dianalisis keterhubungannya dengan cara superimpose (overlay). Hasil diperoleh berupa kualitas walkability setiap titik dengan kategori yang mendominasi ialah kategori baik dan sangat baik dengan persentase sebesar 35,5% sementara 6 titik lainnya berada pada kategori buruk dan sangat buruk.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521070247
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Walkability, pejalan kaki, space syntax, mix methods
Subjects: 700 The Arts > 720 Architecture
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: yulia Chasanah
Date Deposited: 08 Feb 2022 01:52
Last Modified: 11 Jul 2022 04:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189503
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
165060500111003 - RYAN FARID PRATAMA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (26MB)

Actions (login required)

View Item View Item