Kualitas Portal Website Sebagai Sarana Penyediaan Informasi Dan Pelayanan Publik (Studi Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Pemerintah Kabupaten Sidoarjo)

Komariya, Siti Nurul and Suryadi,, DR., MS and Nurjati Widodo,, S.AP. (2021) Kualitas Portal Website Sebagai Sarana Penyediaan Informasi Dan Pelayanan Publik (Studi Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Pemerintah Kabupaten Sidoarjo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada saat ini merupakan zaman kemajuan teknologi informasi. Hal tersebut berdampak pula pada kemajuan dan inovasi mengenai pelayanan publik. Kabupaten Sidoarjo memiliki portal website yang digunakan sebagai media utama untuk mencerminkan Kabupaten Sidoarjo. Portal.sidoarjokab.go.id merupakan portal website utama yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Portal tersebut dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sidoarjo. Yang di mana portal tersebut dijadikan sebagai media utama sebagai penyediaan informasi dan berbagai pelayanan publik dengan memberikan fasilitas berupa berbagai kumpulan dari inovasi pelayanan publik dan informasi yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Tujuan dari penelitian ini yakni bermaksud untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis mengenai 1) kualitas portal website Kabupaten Sidoarjo dalam penyediaan informasi dan pelayanan publik, 2) upaya yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sidoarjo dalam meningkatkan kualitas portal website sebagai sarana penyediaan informasi dan pelayanan publik, dan 3) faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan kualitas portal website sebagai sarana penyediaan informasi dan pelayanan publik. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Analisis yang digunakan yakni menggunakan metode analisis data dari Miles, Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas dari portal website Kabupaten Sidoarjo masih berada pada level “cukup” sebagai sarana penyediaan informasi dan pelayanan publik. Karena dibuktikan dengan observasi dan pengamatan yang dilakukan secara langsung, kemudian di dapatkan data bahwa adanya dokumen pemerintahan yang masih belum sepenuhnya lengkap, beberapa standar mengenai kualitas portal website yang masih belum terpenuhi, dan tidak sedikit masyarakat belum mengetahui bahkan belum mengenal portal.sidoarjokab.go.id. Sehingga pada penelitian ini terlihat bahwasannya portal.sidoarjokab.go.id masih belum dimanfaatkan secara maksimal, baik dari pengelola maupun masyarakat selaku pengguna. Dengan adanya kekurangan tersebut, peneliti memberikan saran diantaranya yakni: Menambah Jumlah Personil atau Sumber Daya Manusia, Menentukan Skala Prioritas Program yang Akan Dijalankan dan Di Upgrade, Meningkatkan Koordinasi dan Penertiban Melalui Aturan Dengan Organissi Perangkat Daerah Terkait, dan Melakukan Pembaruan atau Peng- update-an Data dan Informasi Pada Portal dengan penambahan fitur polling mengenai kepuasan dalam penggunaan portal website.

English Abstract

At this time is the age of advances in information technology. This also has an impact on progress and innovation regarding public services. Sidoarjo Regency has a website portal that is used as the main media to reflect Sidoarjo Regency. Portal.sidoarjokab.go.id is the main website portal owned by the Sidoarjo Regency Government. The portal is managed by the Communication and Information Office of Sidoarjo Regency. Where the portal is used as the main media for providing information and various public services by providing facilities in the form of various collections of public service innovations and information in Sidoarjo Regency. The purpose of this research is to find out, describe, and analyze 1) the quality of the Sidoarjo Regency website portal in providing information and public services, 2) the efforts made by the Sidoarjo Regency Communication and Information Office in improving the quality of the website portal as a means of providing information and services. public services, and 3) supporting factors and inhibiting factors in improving the quality of website portals as a means of providing information and public services. This research uses descriptive research with a qualitative approach. The analysis used is using data analysis methods from Miles, Huberman. The results of this study indicate that the quality of the Sidoarjo Regency website portal is still at the "enough" level as a means of providing information and public services. Because it is proven by direct observations and observations, then data is obtained that there are government documents that are still not completely complete, some standards regarding the quality of website portals are still not met, and not a few people do not know or even know portal.sidoarjokab.go .id. So that in this research it is seen that portal.sidoarjokab.go.id is still not fully utilized, both from the manager and the community as users. With these shortcomings, the researchers provide suggestions including: Increasing the Number of Personnel or Human Resources, Determining the Priority Scale of Programs to be Run and Upgraded, Improving Coordination and Control through Regulations with Related Regional Apparatus Organizations, and Performing Updates or Updates. an Data and Information on the Portal with the addition of a poll feature regarding satisfaction in using the website portal

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521030082
Uncontrolled Keywords: Website, Penyediaan Informasi, Pelayanan Publik.,Website, Provisioning Information, Public Service.
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 07 Feb 2022 02:51
Last Modified: 24 Feb 2022 02:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189409
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
- Siti Nurul Komariya.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item