Relevansi Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan Terhadap Kebutuhan Pasar Tenaga Kerja (Studi Pada Smkn 2 Blitar Dan Smk Indonesia Putera Kota Blitar)

Latifah, Sevi Nur and Moh Said,, S.Sos., M.AP and ii Anggota Rendra Eko Wismanu, S.AP., M.AP (2021) Relevansi Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan Terhadap Kebutuhan Pasar Tenaga Kerja (Studi Pada Smkn 2 Blitar Dan Smk Indonesia Putera Kota Blitar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya keresahan lulusan dikalangan Sekolah Menengah Kejuruan diseluruh Indonesia karena tidak terserap dengan baik oleh pasar tenaga kerja sesuai bidang yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis mengenai hubungan dan pengaruh kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan terhadap kebutuhan pasar tenaga kerja. Penelitian ini adalah penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif dan dibatasi oleh dua lokasi penelitian yaitu SMKN 2 Blitar dan SMK Indonesia Putera. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan teknik sampling acak sederhana. Sampel dalam penelitian ini yaitu (1) SMKN 2 Blitar mempunyai sampel sebesar 217 orang lulusan tahun 2018/2019 (2) SMK Indonesia Putera mempunyai sampel sebesar 67 orang lulusan tahun 2018/2019. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, dengan pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan, yaitu analisis statistik deskriptif, analisis korelasi product moment, analisis regresi linier sederhana, dan penelitian komparatif yang dibantu dengan program SPSS for Windows. Adapun hasil penelitian dan pembahasan: (1) Analisis korelasi product moment pada SMKN 2 Blitar mempunyai nilai sebesar 0,684 dan SMK Indonesia Putera mempunyai nilai sebesar 0,750 maka dapat diketahui bahwa kedua SMK tersebut mempunyai hubungan yang positif dan signifikan antara variabel kurikulum sekolah menengah kejuruan terhadap kebutuhan pasar tenaga kerja (2) Analisis regresi linier sederhana pada SMKN 2 Blitar menunjukkan nilai koefisien regresi sebesar 0,587 dan t hitung sebesar 13,770 lebih besar dari t tabel yaitu 1,971 dan pada SMK Indonesia Putera nilai koefisien regresi sebesar 0,531 dan t hitung sebesar 9,153 lebih besar dari t tabel yaitu 1,997 maka dapat diketahui bahwa kedua SMK tersebut mempunyai pengaruh yang signifikan antara kurikulum seolah menengah kejuruan terhadap kebutuhan pasar tenaga kerja. Kesimpulan secara umum adalah bahwa hipotesis 1 yaitu kurikulum sekolah menengah kejuruan berhubungan terhadap kebutuhan pasar tenaga kerja dapat diterima dengan nilai hubungan atau korelasi masuk kategori tinggi atau kuat pada rentang 0,60- 0,79. Hipotesis 2 yaitu kurikulum sekolah menengah kejuruan bepengaruh terhadap kebutuhan pasar tenaga kerja dapat diterima dengan nilai koefisien regresi dan t hitung sesuai dengan persyaratan analisis regresi linier sederhana. Sehingga dapat disimpulkan bahwa SMKN 2 Blitar dan SMK Indonesia Putera memiliki kurikulum yang relevan terhadap kebutuhan pasar tenaga kerja.

English Abstract

This research is motivated by the existence of graduate anxiety among Vocational High Schools throughout Indonesia because it is not well absorbed by the labor market according to the field studied. This study aims to determine, describe and analyze the relationship and influence of the Vocational High School curriculum on the needs of the labor market. This research is an explanatory research with a quantitative approach and is limited by two research locations, namely SMKN 2 Blitar and SMK Indonesia Putera. The sampling technique is simple random sampling technique. The sample in this study, namely (1) SMKN 2 Blitar has a sample of 217 graduates in 2018/2019 (2) SMK Indonesia Putera has a sample of 67 graduates in 2018/2019. Sources of data used are primary data and secondary data, with data collection through questionnaires and documentation. Data analysis used, namely descriptive statistical analysis, product moment correlation analysis, simple linear regression analysis, and comparative research assisted by the SPSS for Windows program. The results of the research and discussion are: (1) The product moment correlation analysis at SMKN 2 Blitar has a value of 0.684 and SMK Indonesia Putera has a value of 0.750, so it can be seen that the two SMKs have a positive and significant relationship between the vocational high school curriculum variables towards the needs. labor market (2) Simple linear regression analysis at SMKN 2 Blitar shows the regression coefficient value of 0.587 and t count of 13.770 is greater than t table, namely 1.971 and at SMK Indonesia Putera the regression coefficient value is 0.531 and t count is 9.153 greater than t table, namely 1.997, it can be seen that the two SMKs have a significant influence between the vocational-like intermediate curriculum on the needs of the labor market. The general conclusion is that hypothesis 1, namely that the vocational high school curriculum is related to the needs of the labor market, can be accepted with the value of the relationship or correlation in the high or strong category in the range 0.60- 0.79. Hypothesis 2, namely that the vocational high school curriculum has an effect on the needs of the labor market, can be accepted with the regression coefficient and t count according to the requirements of simple linear regression analysis. So it can be concluded that SMKN 2 Blitar and SMK Indonesia Putera have a curriculum that is relevant to the needs of the labor market.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521030085
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, Sekolah Menengah Kejuruan, Pasar Tenaga Kerja., Curriculum, Vocational High School, Labor Market
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 07 Feb 2022 01:44
Last Modified: 24 Feb 2022 07:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189383
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
- sevi nur latifah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (9MB)

Actions (login required)

View Item View Item