Persepsi Petani Terhadap Saluran Komunikasi Pemasaran Jeruk Di Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang

Aprilliyanti, Anisa and Sugeng Riyanto,, SP., M.Si. and Mas Ayu Ambayoen,, SP., M.Si (2021) Persepsi Petani Terhadap Saluran Komunikasi Pemasaran Jeruk Di Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persepsi petani terhadap suatu inovasi sangat dipengaruhi dari sudut pandang mana petani tersebut melihatnya. Adapun persepsi yang dibangun petani biasanya berkaitan pula dengan karakteristik petani sebagai penerima informasi. Informasi-informasi terbaru berupa inovasi usahatani jeruk yang semakin berkembang perlu disampaikan kepada petani. Salah satu inovasi pertanian yang bisa diterapkan untuk petani yaitu melalui penggunaan media sosial sebagai media pemasaran. Dalam pemasaran, saluran komunikasi menjadi media penting bagi petani jeruk yang dapat digunakan untuk mencari informasi pemasaran hasil pertanian. Pada kenyataan di lapangan, masih banyak petani jeruk di Desa Selorejo yang menggunakan cara-cara lama dalam mengelola usahataninya misalnya terkait pemasaran. Hal ini diduga karena petani kurang dalam mengakses informasi terbaru, sehingga petani masih belum menerima informasi dengan baik tentang inovasi sistem usahatani dari berbagai sumber yang tepat. Untuk itu perlu dikaji mengenai persepsi petani jeruk tentang saluran komunikasi pemasaran terutama dalam memenuhi kebutuhannya akan informasi pengelolaan usahatani jeruk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan saluran komunikasi pemasaran usahatani jeruk di Desa Selorejo, menganalisis persepsi petani tentang saluran komunikasi mengenai pemasaran usahatani jeruk, dan menganalisis hubungan karakteristik keinovatifan petani dengan persepsi petani terhadap saluran komunikasi pemasaran. Jenis pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan analisis deskriptif kuantitatif. Metode penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive karena wilayah tersebut termasuk sentra produksi jeruk dengan potensi wisata jeruknya. Teknik analisis data dalam penelitian yaitu analisis deskriptif dan analisis statistik menggunakan uji korealasi rank spearman. Teknik penentuan responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sensus. Metode ini digunakan karena populasi yang tersedia kurang dari 100 yaitu sebanyak 51 orang yang merupakan anggota kelompok tani Subur Makmur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran komunikasi interpersonal lebih mendukung tersampaikannya informasi terkait pertanian khususnya pemasaran jeruk. Saluran komunikasi interpersonal yang mendukung terhadap pemasaran jeruk yaitu melalui sesama petani dan pedagang pengumpul atau tengkulak di Desa Selorejo. Sehingga petani lebih memilih memasarkan jeruk secara konvensional melalui tengkulak dibandingkan pemasaran melalui media sosial. Secara keseluruhan, persepsi petani jeruk tentang saluran komunikasi pemasaran dikategorikan baik dengan rataan skor diantara 2,51-3,25 untuk saluran komunikasi interpersonal sedangkan untuk saluran komunikasi bermedia dikategorikan cukup baik dengan rataan skor 1,76-2,50. Hasil pengujian korelasi rank spearman menunjukkan hubungan karakteristik keinovatifan petani dengan persepsi petani terhadap saluran komunikasi pemasaran usahatani jeruk ii berkorelasi sangat lemah untuk karakteristik sosial ekonomi, berkorelasi kuat untuk karakteristik individu, dan berkorelasi cukup untuk karakteristik komunikasi. Adapun berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan harapannya Petani dapat lebih dimotivasi agar lebih aktif dalam mencari informasi terkait pemasaran. Perlu upaya penyuluhan yang lebih intensif dalam membangun keberanian petani untuk mencoba hal baru dalam berusahatani, misalnya pemasaran secara online terlebih dikondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini. Selain itu peran serta dari pemerintah Desa Selorejo sangat diperlukan terkait pengembangan potensi wisata petik jeruk agar lebih dikenal masyarakat dan dapat meningkatkan kesejahteraan petani. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat melakukan penelitian secara menyeluruh yaitu pada pengelolaan usahatani jeruk di Desa Selorejo tidak hanya pada sistem pemasarannya.

English Abstract

The farmer's perception of an innovation is greatly influenced from the perspective from which the farmer sees it. The perceptions built by farmers are usually related to the characteristics of farmers as recipients of information. The latest information in the form of growing citrus farming innovations needs to be conveyed to farmers. One of the agricultural innovations that can be applied to farmers is through the use of social media as a marketing medium. In marketing, communication channels are an important medium for citrus farmers that can be used to find marketing information for agricultural products. In reality on the ground, there are still many citrus farmers in Selorejo Village who use the old ways of managing their farming, for example related to marketing. This is presumably because farmers lack access to the latest information, so that farmers still do not receive good information about farming system innovations from various appropriate sources. For this reason, it is necessary to study the perception of citrus farmers about marketing communication channels, especially in meeting their need for information on citrus farming management The purpose of this study was to analyze the marketing communication channel for citrus farming in Selorejo Village, analyze the perception of citrus farmers about the communication channel regarding the marketing of citrus farming, and analyze the relationship between the characteristics of farmers' innovativeness with farmers' perceptions of marketing communication channels. The type of research approach used is a quantitative descriptive analysis approach. The method of determining the location of the study was carried out purposively because the area is a citrus production center with the potential for citrus tourism. The data analysis technique in this research is descriptive analysis and statistical analysis using the Spearman rank correlation test. The respondent determination technique used in this study is the census method. This method is used because the available population is less than 100, namely as many as 51 people who are members of the Subur Makmur farmer group. The results of the study stated that interpersonal communication channels were more supportive of conveying information related to agriculture, especially citrus marketing. Interpersonal communication channels that support the marketing of oranges are through fellow farmers and traders or middlemen in Selorejo Village. So farmers prefer to market oranges conventionally through middlemen rather than marketing through social media. Overall, citrus farmers' perceptions of marketing communication channels are categorized as good with an average score between 2.51 - 3.25 for interpersonal communication channels while for media communication channels are categorized quite well with an average score of 1.76-2.50. The results of the Spearman rank correlation test show that there is a very weak correlation between the characteristics of farmers' innovativeness and farmers' perceptions of marketing communication channels for citrus farming, with a very weak correlation for socio-economic characteristics, a iv strong correlation for individual characteristics, and a moderate correlation for communication characteristics. Meanwhile, based on the results of research conducted, it is hoped that farmers can be more motivated to be more active in seeking information related to marketing. More intensive outreach efforts are needed in building the courage of farmers to try new things in farming, for example online marketing, especially in the current state of the Covid-19 pandemic. In addition, the participation of the Selorejo Village government is very much needed regarding the development of orange picking tourism potential so that it is better known to the public and can improve the welfare of farmers. For further researchers, it is hoped that they can conduct a thorough research, namely on the management of citrus farming in Selorejo Village, not only on the marketing system.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521040138
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 04 Feb 2022 01:51
Last Modified: 11 Oct 2024 06:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189293
[thumbnail of anisa aprilliyanti.pdf] Text
anisa aprilliyanti.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item