Penerapan Good Governance Dalam Peningkatan Pelayanan Publik Melalui Mall Pelayanan Publik Di Kabupaten Bojonegoro

Wibowo, Bhakty Yanuar Satrio and Dr. Lely Indah Mindarti, , MS and Abdul Wachid, Drs, M.AP (2021) Penerapan Good Governance Dalam Peningkatan Pelayanan Publik Melalui Mall Pelayanan Publik Di Kabupaten Bojonegoro. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Mall Pelayanan Publik Kabupaten Bojonegoro menerapkan prinsip-prinsip good governance dalam peningkatan pelayanan publik. Penerapan prinsip-prinsip good governance diperlukan untuk dapat menjadikan Mall Pelayanan Publik menjadi lebih baik sehingga dapat terjadi keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan yang dapat membantu kelancaran sistem tata kelolanya dengan teratur, rapi dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa bagaimana penerapan good governance dalam meningkatkan pelayanan publik yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah Kabupaten Bojonegoro melalui Mall Pelayanan Publik Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang berlokasi di Kabupaten Bojonegoro dengan situs di Mall Pelayanan Publik Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dari hasil wawancara dan sekunder yang diperoleh dari dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisa data deskriptif Miles, Huberman dan Saldana dengan proses data collection, data condensation, data display, dan data conclusion. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan good governance dalam peningkatan pelayanan publik di Mall Pelayanan Publik Kabupaten Bojonegoro telah berjalan dengan baik. Dalam penyelenggaraan Mall Pelayanan Publik Kabupaten Bojonegoro telah menerapkan prinsip-prinsip good governance yang meliputi Partisipasi Masyarakat, Penegakan Hukum, Transparansi, Daya Tanggap, Beorientasi Konsensus, Berkeadilan, Efektivitas & Efisiensi, Akuntabilitas, dan Bervisi Strategis. Selain penerapan good governance yang telah berjalan dengan baik, terjadi peningkatan pelayanan publik yang cukup signifikan dibuktikan dengan Indeks Kepuasan Masyarakat yang naik dan hasil penelitian dari wawancara peneliti dengan pengguna layanan Mall Pelayanan Publik Kabupaten Bojonegoro yang berpedoman pada unsur survei kepuasan masyarakat. Namun juga terdapat hambatan dalam penerapan prinsip good governance yang disebabkan oleh pendistribusian pegawai yang kurang optimal sehingga mengakibatkan beberapa tempat unit pelayanan mengalami kekosongan namun pihak Mall Pelayanan Publik Kabupaten Bojonegoro tetap mampu memberikan pelayanan publik yang berkualitas kepada masyarakat

English Abstract

The Bojonegoro Regency Public Service Mall applies the principles of good governance in improving public services. The application of the principles of good governance is needed to be able to make the Public Service Mall better so that there can be successful governance that can help smooth the governance system in an orderly, neat and correct manner. This study aims to describe and analyze how the implementation of good governance in improving public services has been carried out by the local government of Bojonegoro Regency through the Bojonegoro Regency Public Service Mall. This research is a qualitative research with descriptive research type located in Bojonegoro Regency with a site at the Public Service Mall of Bojonegoro Regency. This study uses primary data sources from interviews and secondary data obtained from documents related to research. Data analysis in this study used descriptive data analysis of Miles, Huberman and Saldana with data collection processes, condensation data, display data, and conclusion data. The results of this study indicate that the implementation of good governance in improving public services at the Public Service Mall of Bojonegoro Regency has been running well. In organizing the Public Service Mall, Bojonegoro Regency has implemented the principles of good governance which include Community Participation, Law Enforcement, Transparency, Responsiveness, Consensus Orientation, Fairness, Effectiveness & Efficiency, Accountability, and Strategic Vision. In addition to the implementation of good governance that has been going well, there has been a significant increase in public services as evidenced by the increasing Community Satisfaction Index and research results from interviews of researchers with service users of the Bojonegoro Regency Public Service Mall based on the elements of the community satisfaction survey. However, there are also obstacles in the application of the principles of good governance caused by the distribution of employees that is less than optimal, resulting in several service unit places experiencing vacancies, but the Public Service Mall of Bojonegoro Regency is still able to provide quality public services to the people of Bojonegoro Regency

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521030092
Uncontrolled Keywords: Good Governance, Pelayanan Publik, Mall Pelayanan Publik,Good Governance, Public Services, Public Service Mal
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 31 Jan 2022 06:52
Last Modified: 23 Feb 2022 05:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189141
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
- BHAKTY YANUAR SATRIO WIBOWO.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item