Kendala Penerapan Ketentuan Pasal Tentang Persyaratan Teknis Dan Laik Jalan Dalam Undang Undang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan Pada Kendaraan Vespa Rosok (Studi Kasus Di Satlantas Polres Kabupaten Kediri)

Wicaksono, Fatwa Azis and Dr. Setiawan Noerdajasakti, S.H., M.H and Solehuddin, S.H., M.H (2021) Kendala Penerapan Ketentuan Pasal Tentang Persyaratan Teknis Dan Laik Jalan Dalam Undang Undang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan Pada Kendaraan Vespa Rosok (Studi Kasus Di Satlantas Polres Kabupaten Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Satuan Lalu Lintas atau biasa disebut Satlantas mempunyai tugas khusus sebagai bidang yang ada didalam struktur organisasi dari Kepolisian Resort (Polres) yaitu penertiban dan mengedukasi masyarakat dalam hal berlalu lintas. Peran Satlantas dirasa sangat penting dalam mencegah adanya pelanggaran lalu lintas yang mempunyai akibat kecelakaan lalu lintas. Kecelakaan lalu lintas ini mempunyai beberapa faktor yaitu faktor pengendara, faktor kelengkapan, maupun faktor lingkungan/jalan raya. Hal ini telah diatur oleh Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan atau biasa disebut Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan jalan. Salah satu yang mengaturnya terdapat pada Pasal 285 Ayat (1) Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan jalan yakni mengatur tentang persyaratan teknis dan laik jalan pada kelengkapan kendaraan dalam berkendara di jalan raya. Salah satu kendaraan yang tidak sesuai dengan Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang sering dijumpai oleh masyarakat Kabupaten Kediri adalah jenis kendaraan vespa rosok. Satlantas Kabupaten Kediri sebagai penegak hukum didalam kawasan berlalu lintas mempunyai tanggung jawab untuk penyelesaian permasalahan ini. Implementasi pada Pasal 285 Ayat (1) Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang dilakukan Satlantas Kabupaten Kediri dinilai masih kurang maksimal dalam menyelesaikan permasalahan terkait kendaraan vespa rosok. Kurang maksimal ini dapat dilihat dari kurangnya penyuluhan dan sosialisasi kepada pengendaran vespa rosok dari komunitasnya maupun dari pengendara perorangan. Penyuluhan dan sosialisasi tidak dilakukan ditiap tahunnya. Bahkan terakhir kali adanya penyuluhan dan sosialisasi dilakukan pada tahun 2019 dan dalam memberikan penyuluhan dan sosialisasi tersebut hanya melibatkan satu dari perwakilan tiap komunitas yang menjadikan penyuluhan dan sosialisasi kurang efektif dan efisien. Kurang maksimalnya dalam mengatasi permasalahan ini juga terlihat dalam penegakan hukum secara tegas berupa penilangan. Masih banyak penindakan kurang tegas yang mengakibatkan pengendara vespa rosok ini tetap menjalankan kendaraannya. Hal ini penting karena penyelesaian permasalahan ini masih belum menemukan titik temu dalam mengatasi permasalahan secara efektif dan efisien sehingga permasalahan ini masih tetap ada lebih dari 15 Tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis penegakan hukum sesuai peraturan dalam implementasi penegakan hukum sesuai pada pasal Pasal 285 Ayat (1) Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan mengenai penyelesaian permasalahan kendaraan vespa rosok di wilayah Kabupaten Kediri. Metode penelitian yang digunakan oleh Penulis adalah yuridis empiris dengan melakukan penelitian di Kantor Satuan Lalu Lintas Kabupaten Kediri. Hasil penelitian ini adalah penegakan hukum dalam menyelesaikan permaslahan kendaraan vespa rosok masih belum maksimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521010156
Uncontrolled Keywords: Penegakan Hukum, Satuan Lalu Lintas, Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Kendaraan Vespa Rosok
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 28 Jan 2022 03:53
Last Modified: 23 Feb 2022 06:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189085
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
175010118113014 - Fatwa Azis Wicaksono (2).pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item