Analisis Nilai Tambah Keripik Singkong Umkm Wijaya Singosari Malang

Widiyakto, Mochammad Bagas (2021) Analisis Nilai Tambah Keripik Singkong Umkm Wijaya Singosari Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Agroindustri merupakan sebuah upaya dalam peningkatan nilai tambah bagi produk komoditas pertanian. (Karfinah, 2018). Pengembangan agroindustri dinilai dapat memiliki dampak positif terhadap penciptaan nilai tambah, devisa negara maupun peluang adanya industri baru sektor pertanian sehingga menciptakan struktur ekonomi yang tangguh (Awantara, 2014). Berdasarkan data yang dihimpun oleh International Center for Tropical Agriculture, Indonesia merupakan negara penghasil singkong terbesar di dunia setelah Nigeria dan Thailand sehingga potensi singkong maupun umbi-umbian sebagai bahan pangan masih sangat terbuka lebar (Disperindag Jatim, 2020). Tujuan pengolahan ubi kayu berguna untuk meningkatkan keawetan ubi kayu sehingga layak untuk dikonsumsi dan memanfaatkan ubi kayu dalam memperoleh nilai jual yang tinggi di pasaran (Valentina, 2009); (Henakin & Taena, 2018). Salah satu olahan ubi kayu yang terkenal dan familiar adalah keripik singkong. Keripik singkong sebagai produk diversifikasi singkong juga mengalami permasalahan yakni proses produksi yang masih bersifat sederhana dan tradisional, kapasitas produksi yang masih mikro serta pemasaran yang belum masif menyebabkan belum terpenuhinya keseluruhan terkait penciptaan nilai tambah agroindustri. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini yaitu mengetahui besarnya nilai tambah yang diaplikasikan pada produk keripik singkong. Penelitian dilakukan pada UMKM Wijaya Singosari, yang berlokasi di Jalan Wijaya Barat RT3/RW3 Kelurahan Pagentan Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang pada bulan Juni 2021. Responden yang terlibat dalam penelitian ini adalah pemilik UMKM Wijaya. Data yang digunakan dalam penelitian kali ini adalah data yang memiliki keterkaitan dengan nilai tambah dan biaya-biaya pada produksi keripik singkong yang diproduksi oleh UMKM Wijaya pada tahun 2021. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yakni analisis nilai tambah dengan metode Hayami dan analisis biaya, penerimaan dan keuntungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan perhitungan analisis biaya, penerimaan dan keuntungan maka didapatkan nilai biaya produksi keripik singkong sebesar Rp1.894.298,00 dengan penerimaan sebesar Rp3.485.000,00 dan keuntungan usaha keripik singkongsebesar Rp1.590.702,00. Jika ditinjau dari analisis nilai tambah maka agroindustri keripik singkong UMKM Wijaya Singosari, Malang memperoleh nilai tambah setiap pengolahan 1 kilogram singkong menjadi keripik singkong yaitu Rp8.500,00 dengan rasio nilai tambah sebesar 44,13 persen yang termasuk dalam kriteria tinggi. Tingkat keuntungan yang diperoleh agroindustri keripik singkong UMKM Wijaya Singosari, Malang sebesar Rp3.104,17 atau setara dengan 82,76 persen. Rata-rata skala usaha per proses produksi sebesar 103 kilogram keripik singkong yang membutuhkan 205 kilogram bahan baku utama singkong. Selanjutnya, dari segi balas jasa faktor produksi yang diperoleh perusahaan berasal dari sumbangan input lain sebesar 37,48 persen, pendapatan tenaga kerja sebesar 10,78 persen. dan keuntungan usaha sebesar 51,74 persen. ii Adapun saran dalam penelitian ini ialah perlu memangkas biaya yang tidak perlu atau boros seperti biaya penggunaan kayu bakar yang bisa disubstitusikan dengan biaya bahan bakar lain seperti penggunaan bahan bakar elpiji. Selain itu, apabila ingin meningkatkan faktor konversi nilai tambah maka perusahaan dapat meningkatkan kapasitas produksinya dengan menambah satu hari produksi, melakukan pemasaran yang masif secara online dengan memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook maupun WhatsApp dan marketplace seperti Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak agar dapat menjangkau pasar produk keripik singkong yang lebih luas dan merambah pasar diluar MalangRaya dan sekitarnya.

English Abstract

Agroindustry is an effort to increase added value for agricultural commodity products. (Karfinah, 2018). Agro-industry development is considered to have a positive impact on the creation of added value, foreign exchange as well as opportunities for new industries in the agricultural sector to create a strong economic structure (Awantara, 2014). Based on data compiled by the International Center for Tropical Agriculture, Indonesia is the largest cassava producing country in the world after Nigeria and Thailand so that the potential for cassava and tubers as food is still very wide open (Disperindag Jatim, 2020). The purpose of processing cassava is to increase the durability of cassava so that it is suitable for consumption and utilize cassava in obtaining a high selling value in the market (Valentina, 2009); (Henakin & Taena, 2018). One of the wellknown and familiar processed cassava chips is cassava chips. Cassava chips as a product of cassava diversification also experience problems, namely the production process that is still simple and traditional, the production capacity is still micro and the marketing is not yet massive, causing the overall fulfillment of agro-industry added value. Therefore, the purpose of this study is to determine the amount of added value that is applied to cassava chip products. The research was conducted on the Wijaya Singosari Micro, Small Medium Enterprise, which is located on Jalan Wijaya Barat RT3/RW3, Pagentan Village, Singosari District, Malang Regency in June 2021. The respondents involved in this study were the owners of the Wijaya Singosari Micro, Small Medium Enterprise. The data used in this study is data that is related to the added value of cassava chips produced by Wijaya Singosari Micro, Small Medium Enterprise in 2021. The analytical method used in this study is the analysis of added value using the Hayami method and production costs, revenue/cost and profit analysis. The results showed that based on the calculation of the analysis of costs, revenues and profits, the value of the production cost of cassava chips was Rp. 1.894.298,00 with revenues of Rp. 3,485,000.00 and business profits of cassava chips were Rp. 1.590.702,00.. If viewed from the added value analysis, the cassava chips agroindustry of MSME Wijaya Singosari, Malang obtains added value for each processing of 1 kilogram of cassava into cassava chips, which is Rp.8,500.00 with an added value ratio of 44.13 percent which is included in the high criteria. The profit level obtained by the cassava chip agroindustry of MSME Wijaya Singosari, Malang is Rp. 3,104.17 or equivalent to 82.76 percent. The average business scale per production process is 103 kilograms of cassava chips which requires 205 kilograms of cassava as the main raw material. Furthermore, in terms of remuneration for production factors obtained by the company comes from the contribution of other inputs by 37.48 percent, labor income by 10.78 percent. and operating profit of 51.74 percent. iv The suggestion in this research is that it is necessary to cut unnecessary or wasteful costs such as the cost of using firewood which can be substituted for other fuel costs such as the use of LPG fuel. In addition, if you want to increase the value-added conversion factor, the company can increase its production capacity by adding one day of production, conducting massive online marketing by utilizing social media such as Instagram, Facebook and WhatsApp and marketplaces such as Tokopedia, Shopee, and Bukalapak in order to reach a wider market for cassava chips and market outside Malang Raya and its surroundings.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521040033
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 26 Jan 2022 01:51
Last Modified: 23 Feb 2022 07:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/188863
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
155040107111035 - MOCHAMMAD BAGAS WIDIYAKTO.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item