Tinjauan Yuridis Pemberian Suaka Teritorial Oleh Rusia Kepada Edward Snowden Dalam Perspektif Hukum Diplomatik Dan Konsuler.

Rizki, Intan Nurma and Dr. Setyo Widagdo,, S.H, M.Hum and Ikaningtyas,, S.H, LLM (2014) Tinjauan Yuridis Pemberian Suaka Teritorial Oleh Rusia Kepada Edward Snowden Dalam Perspektif Hukum Diplomatik Dan Konsuler. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemberian Suaka oleh Rusia kepada Edward Snowden, memicu ketegangan hubungan antar dua Negara yaitu Amerika dan Rusia. sedangkan Amerika meminta agar Rusia melakukan deportasi kepada Snowden. Di dalam Hukum Diplomatik, pengaturan mengenai suaka telah diatur dalam Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia (Universal Declaration of Human Rights) termasuk di dalamnya penerapan prinsip non refoulement atau pelarangan untuk pengusiaran atau pengembalian kembali. Deklarasi Suaka territorial 1967 (Declaration on Territorial Asylum 1967). Permasalahan yang di bahas adalah perspektif Hukum Diplomatik terhadap pemberian suaka territorial kepada Snowden oleh Rusia? Serta Bagaimana akibat hukum pemberian suakasnowden terhadap hubungan diplomatik yang terjadi di antara Rusia dan Amerika?. Dalam upaya untuk mengetahui serta menganalisa permasalahan di atas, maka penulis menggunakan metode pendekatan yuridis normatif,yaitu dengan melihat isi suatu peraturan dalam hukum internasional yang menyangkut mengenai pengaturan suaka di dalam Hukum Internasional serta Diplomatik. Dengan menggunakan bahan-bahan hukum yang ada,penulis menggunakan teknik analisa bahan hukum deskriptif analisis. Berdasarkan hasil penelitian, maka kemudian diperoleh hasil jawaban atas permasalahan diatas, bahwa pemberian suaka terhadap snowden oleh Rusia berdasarkan hukum diplomatic adalah sah serta tidak melanggar kaidah hukum dan telah memenuhi syrat yang berlaku di dalam hukum internasional. Hal ini juga di dasari oleh pasal 14 Deklarasi universal yang menyatakan hak hak pencari suaka serta kewenangan suatu Negara untuk member suaka terkait dengan yurisdiksi Negara tersebut. Kemudian dalam kaitannya dengan akibat hukum pemberian suaka atas hubungan Rusia dengan Amerika adalah Rusia tidak dapat di jatuhi hukuman atas pemberian suaka tersebut, hal ini di karenakan permintaan ekstradisi Snowden ke Amerika di tolak Rusia karena dalam hubungan diplomatik antar dua Negara itu tidak pernah menjanjikan proses ekstradisi. Dalam kaitannya dengan hal ini, maka kemungkinan besar yang terjadi adalah secra politik hubungan kedua Negara akan dapat menjadi buruk dan dapat memutus hubungan diplomatic antar kedua Negara

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0514010001
Uncontrolled Keywords: Diplomatik, Suaka, Hak asasi manusia, Amerika, Rusia, non refoulement, Snowden
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 25 Jan 2022 03:48
Last Modified: 25 Jan 2022 03:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/188791
[thumbnail of 0910110042 - intan nurma (2).pdf]
Preview
Text
0910110042 - intan nurma (2).pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item