Penggunaan Akun Media Sosial Instagram @Fakultaspeternakanindonesia Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Peternakan

Fandusavira, Diba and Dr. Siti Azizah,, S.Pt., M.Sos., M.Commun. (2021) Penggunaan Akun Media Sosial Instagram @Fakultaspeternakanindonesia Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Peternakan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Media sosial adalah suatu wadah dimana para pengguna internet dapat saling berkomunikasi dan berinteraksi diantara sesama pengguna lainnya. Instagram memberikan akses yang dapat mempermudah penyebaran informasi secara cepat. Jika pengguna instagram ingin mendapatkan sebuah informasi tekait dengan dunia peternakan maka pengguna tersebut dapat mengikuti akun instagram yang menyediakan informasi terkait. Salah satu akun yang memanfaatkan media sosial instagram untuk menyebarkan informasi peternakan yaitu akun instagram @fakultaspeternakanindonesia. Keberadaan akun instagram @fakultaspeternakanindonesia memudahkan followers untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan akun media sosial instagram @fakultaspeternakanindonesia terhadap pemenuhan kebutuhan informasi peternakan. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 1 Februari sampai 1 Mei 2021. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan cara menyebarkan kuesioner tertutup kepada 100 responden yang dihitung menggunakan rumus slovin. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda dengan program SPSS IBM 21 pada Windows 10. Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi Y= 2,661 + 0,123 X1 + 0,399 X2 + 0,321 X3 dengan konstanta sebesar 2,661 menunjukkan bahwa koefisien bernilai positif, apabila tingkat variabel semakin tinggi maka kebutuhan informasi peternakan meningkat. Hasil nilai R square sebesar 0,569 artinya 56,9% pemenuhan kebutuhan informasi peternakan dapat dijelaskan oleh variabel dalam penelitian ini seperti dimensi penggunaan media sosial (X1), sifat informasi (X2), dan respons (X3) sedangkan hasil 43,1% pemenuhan kebutuhan informasi peternakan dapat dijelaskan oleh variabel yang lain diluar pembahasan penelitian. Kesimpulan penelitian ini adalah pengguna akun media sosial instagram @fakultaspeternakanindonesia didominasi oleh perempuan pada rentang umur 20-30 tahun dengan profesi pelajar atau mahasiswa dan frekuensi penggunaan media sosial instagram lebih dari 5 kali dalam seminggu. Variabel dimensi penggunaan media sosial, sifat informasi, dan respons berpengaruh positif terhadap pemenuhan kebutuhan informasi peternakan. Variabel yang paling berpengaruh terhadap pemenuhan kebutuhan informasi peternakan adalah sifat informasi. Dimensi penggunaan media sosial, sifat informasi, dan respons secara bersama-sama dapat mempengaruhi pemenuhan kebutuhan informasi peternakan sebesar 56,9% sedangkan 43,1% dipengaruhi oleh faktor lain. Pihak @fakultaspeternakanindonesia sebaiknya lebih memperhatikan penyajian informasi yang bersifat rekreatif agar dapat menarik para pembaca untuk memahami isi informasi yang disajikan. Diharapkan penelitian ini dapat dijadikan referensi dan peneliti selanjutnya dianjurkan untuk menambahkan variabel yang tidak ditelaah dalam penelitian ini.

English Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of using the instagram @fakultaspeternakanindonesia social media account on the fulfillment of animal science information needs. This research was conducted from February 1 to May 1, 2021. The research method used in this study was quantitative. Data collection in this study is by distributing closed questionnaires to 100 respondents who are calculated using the slovin formula. Data analysis in this study used multiple linear regression with the SPSS IBM 21 program on Windows 10. The results showed the regression equation Y= 2.661 + 0.123 X1 + 0.399 X2 + 0.321 X3 with a constant of 2.661 indicating that the coefficient is positive, if the variable level is higher the need for animal science information increases. The results of the R square value of 0.569 means that 56.9% of the fulfillment of animal science information needs can be explained by the variables in this study such as the dimensions of social media use (X1), type of information (X2), and response (X3) while the results of 43.1% fulfillment of needs animal science information can be explained by other variables outside the research discussion.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521050242
Uncontrolled Keywords: Instagram account @fakultaspeternakanindonesia, information needs, animal science.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 24 Jan 2022 07:55
Last Modified: 25 Feb 2022 15:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/188753
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Diba Fandusavira.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item