Partisipasi Masyarakat dan Modal Sosial dalam Penanganan Covid-19 (Studi pada Program Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) dan Program Jakarta Development Collaboration Network (JDCN) di Provinsi DKI Jakarta).

Azahrah, Aisyah and Dr. Sujarwoto, SIP, M,Si, MPA and Dr. Sujarwoto, SAP., MAP (2021) Partisipasi Masyarakat dan Modal Sosial dalam Penanganan Covid-19 (Studi pada Program Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) dan Program Jakarta Development Collaboration Network (JDCN) di Provinsi DKI Jakarta). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Partisipasi masyarakat merupakan sebuah bentuk kepedulian yang dilakukan dengan sukarela oleh masyarakat dalam pembuatan keputusan dan juga dalam melaksanakan program di mana masyarakat turut merasakan manfaat dari berbagai program tersebut serta terlibat dalam mengevaluasi program agar selanjutnya dapat berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat. Di dalam masyarakat sendiri terdapat modal sosial sebagai salah satu bentuk kemampuan masyarakat dalam bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama yang diperketat oleh kepercayaan, norma dan jaringan sehingga dapat membuat aksi bersama yang efektif dan efisien. Dalam penanganan Covid-19 di DKI Jakarta pemerintah provinsi DKI Jakarta melibatkan masyarakat dengan mempererat semangat kebersamaan masyarakat ibu kota pada masa yang sulit dengan memfasilitasi sarana berbagi kepada sesama berupa program Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) dan program Jakarta Development Collaboration Network (JDCN). Tidak hanya itu, dalam proses penanganan Covid-19 yang dilakukan oleh masyarakat, bentuk modal sosial berupa kepercayaan, norma dan serta jaringan menjadi bagian penting dalam melihat proses pelaksanaan program yang melibatkan masyarakat agar kemampuan bersinergi menghasilkan kontribusi secara maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, menjelaskan dan menganalisis partisipasi masyarakat dan modal sosial dalam penanganan Covid- 19 melalui program Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) dan program Jakarta Development Collaboration Network (JDCN) di Provinsi DKI Jakarta. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana partisipasi masyarakat dalam penanganan Covid-19 dan apa saj a bentuk-bentuk modal sosial yang ada dalam penanganan Covid-19 yang ditinjau melalui Program Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) dan Program Jakarta Development Collaboration Network (JDCN) di Provinsi DKI Jakarta. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Selanjutnya pengumpulan data dilakukan melalui menggunakan metode dokumentasi atau studi kepustakaan karena sumber data dalam penelitian ini didapatkan melalui dokumen-dokumen dalam bentuk tulisan seperti buku ilmiah, karangan ilmiah, peraturan-peraturan, jurnal, maupun berita-berita yang relevan dengan penelitian ini, serta basil penelitian sebelumnya yang relevan untuk mendapatkan jawaban dan landasan teori mengenai masalah yang akan diteliti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520030023
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Jan 2022 04:50
Last Modified: 23 Feb 2022 05:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/188731
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
- AISYAH AZAHRAH.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (56MB)

Actions (login required)

View Item View Item