Analisis Preferensi Wakif Dalam Menyalurkan Dana Wakaf Secara Online

Mauren, Naomi Finesha (2021) Analisis Preferensi Wakif Dalam Menyalurkan Dana Wakaf Secara Online. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan jumlah populasi umat muslim terbesar di dunia yaitu sebesar 86,87% dari total populasi. Hal ini memberikan pengaruh baik terhadap perkembangan instrumen ekonomi islam salah satunya adalah wakaf. Wakaf memiliki potensi yang begitu besar apalagi dibarengi oleh perkembangan zaman sekarang ini yang memberikan banyak kemudahan melalui financial technology contohnya. Pada tahun 2018, jumlah wakaf yang dapat terkumpul mengalami kenaikan yang signifikan yaitu sebesar 31 Miliar Rupiah naik sebesar 48% dari tahun sebelumnya. Hal ini tentu merupakan salah satu peran yang diberikan oleh financial technology dimana lembaga wakaf sudah banyak menggunakan bantuan teknologi dalam mengumpulkan dan menyalurkan dana wakaf. sehingga wakif tertarik untuk melakukan wakaf dengan metode online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi wakif dalam menyalurkan dana wakaf secara online. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan analisis eksploratori dalam pengukuran analisisnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada sepuluh faktor yang menjadi preferensi seorang wakif ketika memberikan dana wakaf secara online yaitu faktor citra lembaga, faktor kemudahan, faktor pengetahuan wakaf online, faktor kebermanfaatan dan kecakapan, faktor keamanan, faktor religiusitas, faktor kepercayaan, faktor lingkungan, faktor kepuasan diri dan faktor kepraktisan

English Abstract

Indonesia is a country with the largest Muslim population in the world, amounting to 86.87% of the total population. This has a good influence on the development of Islamic economic instruments, one of which is waqf. Waqf has such great potential, especially when it is accompanied by today's developments that provide many conveniences through financial technology, for example. In 2018, the number of waqf that could be collected experienced a significant increase of 31 billion Rupiah, an increase of 48% from the previous year. This is certainly one of the roles given by financial technology where waqf institutions use a lot of technology assistance in collecting and disbursing waqf funds. so that the wakif is interested in doing waqf with the online method. This study aims to determine the factors that influence the preference of waqf in channeling waqf funds online. This study uses quantitative methods by using exploratory analysis in measuring the analysis. The results show that there are ten factors that become the preferences of a waqf when providing waqf funds online, namely the image of the institution, the convenience factor, the online waqf knowledge factor, the usefulness factor and the need, the security factor, the religious factor, the trust factor, the environmental factor, the satisfaction factor. self and practicality factor

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521020254
Uncontrolled Keywords: Wakaf Online, Preferensi, Financial Technology, Online Waqf, Preferences, Financial Technology
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 20 Jan 2022 04:14
Last Modified: 23 Feb 2022 07:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/188542
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
165020500111021 - Naomi Finesha Mauren.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item