Determinan Holding Period Saham Melalui Pendekatan Risiko Dan Return (Studi Pada Perusahaan Subsektor Perbankan Yang Terdaftar Dalam Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2018)

Siregar, Theresia Aloina (2021) Determinan Holding Period Saham Melalui Pendekatan Risiko Dan Return (Studi Pada Perusahaan Subsektor Perbankan Yang Terdaftar Dalam Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2018). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Selama periode 2009 hingga 2018 terjadi peningkatan investasi saham di Indonesia, hal ini menjadikan imbal hasil bursa saham Indonesia menempati posisi kedua tertinggi di Asia. Dari sembilan sektor yang terdapat di Bursa Efek Indonesia (BEI), sektor keuangan menjadi penyumbang terbesar dengan kapitalisasi pasar sebesar 31%. Potensi kenaikan investasi saham di Indonesia membawa pengaruh baik terhadap perusahaan sekuritas dan negara. Pajak dan biaya yang dikenakan atas investasi saham menjadi sumber pendapatan negara dan perusahaan sekuritas. Holding period menjadi hal yang penting karena waktu penutupan transaksi suatu saham berpengaruh terhadap waktu penerimaan pendapatan negara dan perusahaan sekuritas. Semakin cepat pendapatan diperoleh maka akan mendorong percepatan pertumbuhan negara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui determinan holding period saham dengan menggunakan pendekatan risiko dan return. Objek penelitian yang digunakan adalah 23 saham subsektor perbankan periode 2009 hingga 2018. Metode analisis yang digunakan adalah uji regresi data panel. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa sebesar 66% variasi holding period dijelaskan oleh risiko dan return yang direpresentasikan melalui empat variabel sedangkan 34% lainnya dipengaruhi oleh faktor di luar model penelitian. Faktor risiko direpresentasikan oleh bid-ask spread dan variance return sedangkan faktor return direpresentasikan oleh dividend pay out ratio dan market value. Dari hasil uji parsial diperoleh hasil bahwa faktor risiko berpengaruh signifikan terhadap holding period sedangkan faktor return yang direpresentasikan oleh dividend pay out ratio dan market value tidak berpengaruh signifikan terhadap holding period. Dari hasil uji simultan diperoleh hasil yakni risiko dan return secara signifikan mempengaruhi holding period secara bersamaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521020251
Uncontrolled Keywords: Bid-ask spread, dividend pay out ratio, holding period, market value, dan variance return.,
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 20 Jan 2022 03:47
Last Modified: 25 Feb 2022 03:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/188538
[thumbnail of DALAM MASAEMBARGO] Text (DALAM MASAEMBARGO)
165020400111005 - THERESIA ALOINA SIREGAR.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item