Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Menuju Desa Mandiri (Studi Kasus Desa Mulyosari Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung)

Sumantri, Stefanus Anandya (2021) Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Menuju Desa Mandiri (Studi Kasus Desa Mulyosari Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kebijakan pemerintah melalui pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai implementasi otonomi desa yang berpedoman pada Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014. BUMDes menjadi pilar ekonomi desa dalam mengelola potensi dan sumber daya lokal desa. Pembentukan BUMDes melalui kegiatan usaha yang dilakukan diharapkan berdampak pada peningkatan kesejahteraan dengan partisipasi dari masyarakat yang mewujudkan kemandirian desa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sinar Mulya dalam meningkatkan partisipasi masyarakat; (2) peran BUMDes Sinar Mulya dalam mewujudkan desa mandiri; (3) kebijakan yang dikembangkan untuk menunjang partisipasi masyarakat menuju desa mandiri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini meliputi wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis data deskripstif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sinar Mulya dalam meningkatkan partisipasi masyarakat adalah melalui pemberdayaan masyarakat dengan melaksanakan pelatihan, sosialisasi serta pembinaan bagi masyarakat. Melalui unit-unit usaha yang dikelola telah membuka lapangan kerja bagi masyarakat dan membina kegiatan usaha masyarakat. (2) Peran BUMDes dalam mewujudkan desa mandiri adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penyerapan tenaga kerja yang mengurangi tingkat pengangguran, menumbuhkan kegiatan ekonomi masyarakat, memberikan kemudahan akses usaha melalui pinjaman modal, dan meningkatkan pendapatan asli desa (PADes). (3) Kebijakan yang dikembangkan dalam menunjang partisipasi masyarakat menuju desa mandiri adalah koordinasi dengan LPMD dalam menentukan strategi, pemerintah desa mengawasi pengelolaan BUMDes, kerjasama pemerintah daerah dan mitra usaha BUMDes dalam mengadakan pelatihan

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521020225
Uncontrolled Keywords: Peran, BUMDes, Partisipasi Masyarakat, Desa Mandiri
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 18 Jan 2022 03:14
Last Modified: 24 Feb 2022 04:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/188435
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
145020101111065 - STEFANUS ANANDYA SUMANTRI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item