Efektivitas Pemberian Jahe (Zingiber Officinale) Dan Kunyit (Curcuma Domestica) Pada Air Minum Terhadap Konsumsi Pakan, Pertambahan Bobot Badan Dan Konversi Pakan Ayam Pedaging (Studi Literatur)

Sihombing, Immanuel and Dr. Ir. Ita Wahju Nursita,, M.Sc (2021) Efektivitas Pemberian Jahe (Zingiber Officinale) Dan Kunyit (Curcuma Domestica) Pada Air Minum Terhadap Konsumsi Pakan, Pertambahan Bobot Badan Dan Konversi Pakan Ayam Pedaging (Studi Literatur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ayam pedaging yang aman pada umumnya menggunakan bahan antimikroba alami yang bisa ditambahkan kedalam air minum serta tidak menimbulkan residu pada daging ayam pedaging. Penambahan zat aditif pada air minum memiliki respon lebih cepat dibandingkan penambahan pada ransum ayam pedaging. Salah satu bahan yang ditambahkan dalam air minum adalah jamu tradisional yaitu perasan kunyit (Curcuma domestica), jahe (Zingiber officinale). Jahe (Zingiber officinale) dan kunyit (Curcuma domestica) merupakan tanaman rempah dan obat tradisional yang pada umumnya digunakan untuk pengobatan dan pencegahan berbagai penyakit. Kunyit adalah salah satu termasuk tanaman rempah-rempah yang dapat digunakan sebagai pemacu pertumbuhan dan imunomodulator atau antibakteri pada ternak unggas. Adanya zat kurkumin dalam kunyit menyebabkan adanya daya hambat antibakteri yang cukup kuat dan memacu pertumbuhan serta meningkatkan efisiensi pakan dengan mengurangi mikroorganisme pengganggu atau meningkatkan populasi mikroba yang menguntungkan, yang ada dalam saluran pencernaan ayam sehingga efisiensi penggunaan pakan akan meningkat. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur. Metode ini digunakan sebagai sumber data dan faktor pembanding serta acuan peneliti dalam mengetahui efektivitas pemberian jahe dan kunyit pada air minum terhadap produktivitas ayam pedaging. Studi literatur dilakukan dengan mengumpulkan data yang dilakukan oleh peneliti terdahulu yang dicantumkan dalam jurnal, buku dan proseding seminar. Metode ini dilakukan dengan membaca, mempelajari dan menganalisi serta mengkaji literatur-literatur tentang manfaat jahe (Zingiber officinale) pada ayam pedaging, manfaat kunyit (Curcuma domestica) pada ayam pedaging dan pengaruhnya pada ternak. Hasil dari berbagai telaah literatur ini digunakan untuk mengidentifikasi efiktivitas pemberian bahan herbal jahe (Zingiber officinale) dan kunyit (Curcuma domestica) pada air minum terhadap produktivitas (konsumsi pakan, pertambahan bobot badan dan konversi pakan) pada ayam pedaging. Bahan herbal jahe (Zingiber officinale) dan kunyit (Curcuma domestica) efektif diberikan pada air minum terhadap konsumsi pakan, pertambahan bobot badan dan konversi pakan. Dosis pemberiannya pada air minum tidak lebih dari 0,25%, jika melebih dosis tersebut maka hasilnya tidak optimal.

English Abstract

This study uses the literature study method. This method is used as a source of data and comparison factors and researchers' reference in knowing the effectiveness of ginger and turmeric on drinking water on broiler productivity. The literature study was conducted by collecting data carried out by previous researchers listed in journals, books and seminar procedings. This method is done by reading, studying and analyzing and reviewing the literature on the benefits of ginger (Zingiber officinale) on broilers, the benefits of turmeric (Curcuma domestica) on broilers and their influence on livestock. The results of various studies of this literature were used to identify the efficacy of giving ginger (Zingiber officinale) and turmeric (Curcuma domestica) in drinking water on productivity (feed consumption, body weight and feed conversion) in broiler chicken. Herbal ingredients of ginger (Zingiber officinale) and turmeric (Curcuma domestica) are effectively given to drinking water on feed consumption, body weight increase and feed conversion. The dose of giving in drinking water is no more than 0.25%, if exceeding the dose, the results are not optimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521050171
Uncontrolled Keywords: ginger, turmeric, feed consumption, body weight, feed conversion83
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 14 Jan 2022 07:08
Last Modified: 25 Feb 2022 01:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/188376
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Immanuel Sihombing.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item