Butarbutar, Jeremia and Dr. Ir. Umi Wisaptiningsih,, M.S (2021) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhikeputusan Pembelian Susu Uht Di Repa Swalayan Pada Saat Pandemi Covid-19. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Susu merupakan bahan pangan yang memiliki zat- zat nutrisi yang penting buat kehidupan manusia, seperti protein, lemak, karbohidrat, mineral dan vitamin. jumlah kebutuhan susu nasional tahun 2019 mencapai 4.332,000 ton dan tingkat konsumsi susu masyarakat Indonesia berkisar 16,23 kg/kapita/tahun. Produksi Susu Segar Dalam Negeri, hanya mampu memenuhi 22% dari kebutuhan nasional, sehingga 78% nya berasal dari impor. Susu UHT merupakan susu yang disterilkan dengan menggunakan suhu tinggi (135-1450c) guna untuk membunuh bakteri patogen dan pembusuk pada susu namun dilakukan dengan singkat yaitu 2-5 detik agar kandungan nutrisi, aroma dan warna susu tidak rusak. Susu UHT dikemas didalam kemasan kedap udara sehingga dapat disimpan selama 9 bulan. Kandungan penyusun dari susu UHT yaitu 87% air, 5% laktosa , 4% lemak, 3,3% protein, dan 0,7% mineral. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis menganalisa profil konsumen susu UHT di Repa Swalayan dan pengaruh faktor budaya, sosial, kepribadian dan psikologis pada perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian susu UHT di Repa Swalayan. Penelitian ini dimulai pada 24 Desember 2020 hingga 14 Januari 2021. Sampel penelitian adalah pelanggan Repa Swalayan . Metode analisis dilakukan dengan analisis Structural Equation Modelling (SEM) Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan software SmartPLS. Metode pengambilan sampel menggunakan accidental sampling yakni teknik yang menentukan sampel berdasarkan kriteria tertentu. Berdasarkan hasil penelitian maka diketahui bahwa Karakteristik pelanggan yang datang ke Repa Swalayan memiliki pekerjaan sebagai pelajar, karyawan Perusahaan, wirausaha dan PNS dengan latar belakang pendidikan terakhir SMP, SMA, D3 dan S1 berasal dari Kota Medan dan luar kota medan, memiliki usia antara usia 16 hingga >27 tahun, dan memiliki pendapatan antara Rp. 1 juta hingga > Rp.3 juta. faktor budaya memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian namun pengaruhnya tidak kuat. Faktor Sosial berpengaruh sangat kuat terhadap keputusan pembelian. hubungan antara faktor Pribadi berpengaruh kuat terhadap keputusan pembelian, faktor Psikologis berpengaruh cukup kuat terhadap keputusan pembelian. Keputusan pembelian dipengaruhi oleh faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis sebesar 69%, sementara 31% dipengaruhi oleh faktor yang tidak dijelaskan pada penelitian ini. Kesimpulan penelitian ini adalah Karakteristik pelanggan yang datang ke Repa Swalayan adalah pelajar, karyawan Perusahaan, wirausaha dan PNS dengan latar belakang pendidikan terakhir SMP, SMA, D3 dan S1 berasal dari Kota Medan dan luar kota medan, memiliki usia antara usia 16 hingga >27 tahun, dan memiliki pendapatan antara Rp. 1 juta hingga > Rp.3 juta. Keputusan pembelian susu UHT di Repa Swalayan dipengaruhi oleh faktor sosial(mengikuti lingkungan, pengalaman anggota keluarga, mengikuti teman) , pribadi (usia dan tahapan siklus hidup, pekerjaan , kepribadian, Status ekonomi) dan psikologis(motivasi, persepsi, keyakinan dan sikap). Indikator yang memiliki pengaruh paling besar hingga terkecil terhadap keputusan pembelian yaitu pengaruh keyakinan dan sikap, pengaruh lingkungan, pengaruh anggota keluarga, pengaruh pekerjaan, gaya hidup, pengaruh keadaan ekonomi, persepsi terhadap susu UHT, pengaruh teman, pengaruh usia dan siklus hidup, pengaruh motivasi. Berdasarkan penelitian ini diberikan beberapa saran yaitu pihak Repa Swalayan harus lebih cermat dalam memperhatikan tingkah laku konsumen, selain itu Repa Swalayan harus lebih memperhatikan catatan penjualan baik catatan harian, bulanan maupun tahunan.
English Abstract
Cultural, social, personality, and psychological diversity is a factor that influences consumers in making UHT milk purchasing decisions. Based on this reason, this research aims to analyze consumer profil and effects of culture, social, personal, and psycologycal factors on the decision to purchasing the UHT MILK. This research was started from 24th December 2020 to 14th January 2021. The sample of this research were customers of Repa Swalayan. The research method used descriptive quantitative. SEM (Structural Equation Modelling) analysis by using the SmartPLS software. The results of this research indicate Characteristics of customers who come to Repa Swalayan are employees of the Company with a high school education background, come from outside the city of Medan, have 21-26 years old, and have an income of Rp. 2-3 million, the consumer behaviour decision to purchase UHT milk at Repa Swalayan is influenced by social, personal and psychological factors. However, cultural factors did not influence the decision to purchase UHT milk at Repa Swalayan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0521050166 |
Uncontrolled Keywords: | purchase, behavioral, consumers |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 14 Jan 2022 04:05 |
Last Modified: | 23 Feb 2022 01:44 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/188362 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Jeremia Butarbutar.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2023. Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |