Analisis Strategi Interpretasi Makna Jukugo Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Brawijaya Angkatan 2018.

Ratnasari, Novita Putri Wahyu., Ratnasari, Novita Putri Wahyu. and Febi Ariani Saragih, M.Pd. (2021) Analisis Strategi Interpretasi Makna Jukugo Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Brawijaya Angkatan 2018. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan strategi interpretasi makna jukugo yang tidak diketahui, serta faktor penyebab pemilihan strategi. Analisis penggunaan strategi dikaji menggunakan tiga teori yaitu yang pertama teori kontekstual, teori kedua yaitu mnemonic dengan rikusho, dan teori ketiga yaitu pembentukan jukugo. Kemudian untuk faktor penyebab pemilihan strategi dikaji berdasarkan teori faktor pengaruh pemilihan strategi pembelajaran bahasa kedua oleh Ellis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan desain penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan wawancara dan menyebarkan kuesioner kepada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Brawijaya angkatan 2018. Dari 47 reponden didapatkan hasil bahwa kecenderungan strategi yang sering digunakan adalah strategi kontekstual, kemudian mnemonic dan yang cenderung jarang digunakan adalah metode pembentukan jukugo. Hal ini dipengaruhi oleh faktor pemilihan strategi. Diketahui faktor pemilihan strategi kontekstual yaitu pengetahuan kosakata, motivasi, gaya belajar kinestetik, kemampuan aptitude, dan kecerdasan linguistik. Faktor penyebab pemilihan strategi mnemonic yaitu kecerdasan spasial visual, gaya belajar visual, pengetahuan kosakata dan motivasi. Sementara Pengetahuan kosakata dan motivasi merupakan faktor penyebab pemilihan penggunaan strategi metode pembentukan jukugo. Untuk ketiga strategi tersebut faktor utama pemilihan strategi yaitu motivasi dan pengetahuan kosakata.

English Abstract

-

Other obstract

この研究けんきゅうは、熟語じゅくごの意味いみをための解釈戦略かいしゃくせんりゃくと見 み つけることを目的もくてきとし 、彼かれらが戦略せんりゃくを選択せんたくする理由りゆうています。戦略の使用の分析は、を使用して研究され3つの理論文脈理論、第2の理論、すなわち ニーモニックとの、および第3の理論、すなわち熟語の形成の。次に、エリスによる第二言語学習戦略の選択に影響を与える要因の理論に基づいて、戦略の選択を引き起こす要因が研究されます。データ収集は、2018年ブラウィジャヤ大学日本語教育学科プログラムの学生にインタビューを実施し、アンケートを配布することによって実施されました。この調査ちょうさでは、アプローチモデルまたはケーススタディ調査ちょうさデザインでざいんを使用しようした記述的定性調査方法きじゅつてきていせいちょうさほうほうを使用しようしました。 この調査ちょうさの結果けっか、4747人にんの回答者かいとうしゃから、よく使つかわれる戦略せんりゃくの傾向けいこうは、文脈戦略ぶんみゃくせんりゃく、 ニにーモニックもにっく 、そしてめったに使つかわれない傾向けいこうのあることが熟語形成法じゅくごけいせいほうでわかった。語彙ごい、動機どうき、運動感覚うんどうかんかくの学習がくしゅうスタイルすたいる、適性能力てきせいのうりょく、および言語的知性げんごてきちせいの知識ちしきであるいくつかの要因よういんに基もとづいて使用しようされるコンテキストこんてきすと戦略せんりゃく。ニ に ーモニックもにっく戦略せんりゃくを選択せんたくする学生がくせいの要因よういんは、視覚的空間知能しかくてきくうかんちのう、視覚的学習しかくてきがくしゅうスタイルすたいる、語彙知識ごいちしきおよび動機付どうきづけです。一方いっぽう、語彙ごいの知識ちしきと動機付どうきづけは、学生がくせいが熟語形成法じゅくごけいせいほうの戦略せんりゃくを使用しようする要因よういんです。これらの33つの戦略せんりゃくの場合ばあい、戦略せんりゃくを選択せんたくする際さいの主おもな要因よういんは、動機付どうきづけと語彙ごいの知識ちしきです。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521120025
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Analisis strategi, Interpretasi Makna, Jukugo.
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: yulia Chasanah
Date Deposited: 11 Jan 2022 02:26
Last Modified: 24 Feb 2022 03:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/188122
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
- NOVITA PUTRI WAHYU RATNASARI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item