Pengaruh Kondisi Keuangan Perusahaan pada Kualitas Laba

Putri, Nabila Aulia (2021) Pengaruh Kondisi Keuangan Perusahaan pada Kualitas Laba. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk memperoleh bukti empiris pengaruh kondisi keuangan perusahaan terhadap kualitas laba. Kondisi keuangan perusahaan ini terdiri dari pertumbuhan laba, profitabilitas, likuiditas, dan leverage. Pada penelitian ini kualitas laba diukur dengan menggunakan modifikasi discretionary accrual oleh Kothari (2005). Sampel pada penelitian ini ialah Perusahaan manufaktur dengan subsektor perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia pada tahun 2016-2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Dari hasil purposive sampling ini diperoleh sampel sebanyak 20 dengan jumlah observasi sebanyak 78. Model statistik digunakan dalam penelitian ini ialah analisis regresi linier berganda, yang kemudian diolah dengan menggunakan SPSS for Windows ver 21.00. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel leverage berpengaruh negatif terhadap kualitas laba. Namun, pada variabel pertumbuhan laba, profitabilitas dan likuiditas tidak berpengaruh terhadap kualitas laba.

English Abstract

This study aims to acquire the empirical evidence of the effect of company financial condition comprising profit growth, profitability, liquidity, and leverage on earnings quality. In this study, earnings quality is measured by discretionary accrual quality modified by Kothari (2005). The samples including 20 food and beverage companies listed on the Indonesia Stock Exchange between 2016 and 2019 are selected through purposive sampling from 78 observable data. The data are analysed by multiple linear regression analysis processed through SPSS for Windows version 21.00. The results of the study indicate that leverage has a negative effect on earnings quality while profit growth, profitability and liquidity have no effect on earnings quality.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521020174
Uncontrolled Keywords: pertumbuhan laba, profitabilitas, likuiditas, leverage, kualitas laba, profit growth, profitability, liquidity, leverage
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 11 Jan 2022 01:37
Last Modified: 24 Feb 2022 04:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/188106
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nabila Aulia Putri_175020301111066.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item