“Peribahasa Jepang yang Terbentuk dari Kata Hewan dan Merepresentasikan Sifat Manusia dalam Kamus Tanoshiku Manabu Kotowaza Jiten”

Safitri, Lila Cahya and Efrizal, M.A. (2021) “Peribahasa Jepang yang Terbentuk dari Kata Hewan dan Merepresentasikan Sifat Manusia dalam Kamus Tanoshiku Manabu Kotowaza Jiten”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Peribahasa yang menggunakan kata hewan merupakan bentuk ungkapan yang ditujukan dan mengidentifikasi sesuatu dengan sebuah perumpamaan. Dalam melakukan komunikasi sehari-hari terdapat berbagai ungkapan peribahasa yang digunakan. peribahasa yang memuat unsur hewan, bagian tubuh manusia dan alam adalah yang paling umum digunakan. Sekilas, makna peribahasa terlihat tidak jelas dan mudah disalahartikan. Maka dari itu perlunya pemahaman tentang pemahaman peribahasa yang digunakan, agar tidak menimbulkan kesalahpahaman maksud ungkapan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan tentang bagaimana hubungan makna denotatif dan konotatif dari sebuah peribahasa, sehingga membentuk makna yang dapat merepresentasikan sifat manusia. Penelitian dengan ruang lingkup semantik dan buku Tanoshiku Manabu Kotowaza Jiten ini menganalisis pula bagaimana terbentuknya peribahasa tersebut yang didasarkan pada etimologi ekologi dan konsep serta sifat alami hewan. Data yang digunakan diambil dari buku Tanoshiku Manabu Kotowaza Jiten dan situs internet proverb-encyclopedia. Kemudian, metode penelitian yang digunakan untuk menjelaskan analisis data yang telah dikumpulkan adalah deskriptif kualitatif, serta teknik mencatat. Berdasarkan dari analisis data, hasil penelitian menyebutkan bahwa peribahasa hewan sering digunakan dalam percakapan dan dapat merepresentasikan sifat manusia. Makna akhirnya didasarkan pada etimologi pembentukannya yang masih berhubungan dengan makna denotatif dan konotatif, ekologi, dan kebudayaan. Serta sebagian besar peribahasa hewan yang telah dianalisis merupakan representasi sifat negatif manusia.

English Abstract

-

Other obstract

動物の語彙を使うことわざは、寓話で特定することを目的とした表現である。日常の会話において、様々なことわざ表現がよく使われている。動物、人体の部位、自然は、一般的に使用されることわざである。一見したところ、ことわざの意味は曖昧で誤解されやすい。したがって、表現の意味を誤解しないように、使用することわざの意味を理解することが必要である。 この研究は、ことわざの表示的意味と内包的意味がどのように関連しているかを説明することを目的としている。ことわざは、人間の本性を表すの意味を形成することができる。また、本研究は、意味論的研究であり、生態学的語源と動物の概念と性質に基づいて、ことわざがどのように形成されるかを分析する。使われたデータは、『たのしく学ぶことわざ辞典』と 、インターネットサイトの「proverb-encyclopedia」である。そして、収集されたデータ分析を説明するために、使用した研究方法は、定性的記述とメモを取る手法である。 データ分析に基づいて、研究の結果は、動物のことわざが日常の会話でよく使用され、人間の本性を表すことを示している。最終的な意味は、その形成の語源に基づいて、表示的意味と内包的意味と生態学と文化に関連している。そして、分析された大抵の動物の慣用句 は、人間の否定的な本性を表している。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521120020
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Peribahasa, Makna Denotatif, Makna Konotatif, Metafora, Etimologi
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: yulia Chasanah
Date Deposited: 10 Jan 2022 07:22
Last Modified: 23 Feb 2022 07:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/188082
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
- LILA CAHYA SAFITRI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item