ascasarjana, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya, Malang 2021. Pengaruh Atribut dan Image Hotel Hijau terhadap Loyalitas Pengunjung dengan mediasi Perceived Value dan Kepuasan Pelanggan (Studi pada Hotel Hijau di kota Malang)

Hendarto, Reinaldi and Dr. Atim Djazuli, SE, MM and Dr. Astrid Puspaningrum,, SE, MM.,CMA (2021) ascasarjana, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya, Malang 2021. Pengaruh Atribut dan Image Hotel Hijau terhadap Loyalitas Pengunjung dengan mediasi Perceived Value dan Kepuasan Pelanggan (Studi pada Hotel Hijau di kota Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persaingan industri perhotelan khususnya di kota Malang semakin ketat sehingga menyebabkan wisatawan baik domestik atau mancanegara memilki banyak preferensi tempat menginap. Pengelola hotel perlu memikirkan strategi yang tepat agar dapat memenangkan persaingan ini. Strategi yang dipilih adalah dengan konsep green hotel (hotel hijau). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan variabel penelitian ini yakni atribut hotel hijau, image hotel hijau, perceived value, dan kepuasan pelanggan yang dapat mempengaruhi niat pengunjung untuk kembali menginap di hotel, khususnya beberapa hotel yang sudah menerapkan konsep ramah lingkungan. Sehingga pada penelitian ini akan mengambil obyek lima hotel hijau di kota Malang Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data pada penelitian ini diperoleh melalui penyebaran kuisioner secara offline dan online kepada 170 responden yang menjadi sampel dikarenakan selama penelitian terjadi pandemik covid-19 yang membatasi pertemuan dengan responden secara langsung. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan metode Partial Least Square. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah : atribut hotel hijau, image hotel hijau, perceived value,kepuasan pelanggan, dan loyalitas pengunjung. Hubungan antar variabel dibangun berdasarkan teori perilaku terencana dimana terdapat tahapan niat perilaku konsumen didalamnya. Hasil penelitian ini menemukan bahwa atribut hotel dan image hotel dapat mempengaruhi perceived value dan kepuasan pelanggan. Atribut hotel hijau berpengaruh signifikan baik secara langsung terhadap loyalitas pengunjung. Image hotel hijau tidak dapat mempengaruhi loyalitas pengunjung secara langsung, namun melalui perceived value dan kepuasan pelanggan didapatkan hasil yang signifikan.

English Abstract

Industrial competition, especially in the Malang city is getting tighter, causing both domestic and foreign tourists to have many places to stay. Hotel managers need to design the right strategy in order to win this competition. The strategy chosen is the green hotel concept. The purpose of this study is to explain the variables that can influence visitors to return to stay at the hotel, especially some hotels that have implemented the environmentally friendly concept. So that in this study, the object of this study will be five green hotels in the city of Malang This study uses quantitative methods. The data in this study were obtained through the distribution of offline and online questionnaires to 170 respondents who were sampled because during the covid-19 pandemic that occurred was limited to meetings with respondents directly. The data was then analyzed using the Partial Least Square method. The variables used in this study are: green hotel attributes, green hotel image, perceived value, customer satisfaction, and visitor loyalty. The relationship between variables is built based on the theory of planned behavior where there are stages of consumer behavior in it. The results of this study found that hotel attributes and hotel image can affect perceived value and customer satisfaction. Hotel attributes have a significant direct effect on visitor loyalty. The image of a green hotel can not directly affect visitor loyalty, but through the value and satisfaction felt by customers get significant results.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 042102
Uncontrolled Keywords: atribut hotel hijau, image hotel hijau, perceived value, kepuasan pelanggan, loyalitas pengunjung,green hotel attributes, green hotel image, perceived value, customer satisfaction, visitor loyalty.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen Pendidikan Tinggi, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 06 Jan 2022 08:03
Last Modified: 24 Feb 2022 06:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/187978
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Reinaldi Hendarto 196020200111022.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item