Pelaksanaan Pelayanan Publik Bidang Perizinan Dalam Persfektif Smart Service (Studi Pada Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Cilegon)

Murti, Sarah Amelia and Dr. Hermawan, S.IP, M.Si and Rendra Eko Wismanu, S.AP., M.PA (2021) Pelaksanaan Pelayanan Publik Bidang Perizinan Dalam Persfektif Smart Service (Studi Pada Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Cilegon). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian tentang Pelaksanaan Pelayanan Publik Bidang Perizinan dalam Perspektif Smart Service melalui sistem OSS (Online Single Submission) sebagai upaya peningkatan pelaksanaan pelayanan di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Cilegon. Pelayanan publik dalam hal Perizinan maupun Non Perizinan merupakan wujud pelayanan pemerintah daerah kepada masyarakat. Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu adalah kegiatan penyelenggaraan Perizinan dan Non Perizinan yang proses pengelolaannya mulai dari tahap permohonan sampai ke tahap terbitnya dokumen dilakukan dalam satu tempat. Penelitian yang mengambil judul Pelaksanaan Pelayanan Publik Bidang Perizinan dalam Perspektif Smart Service ini berusaha menganalisis bagaimana Pelaksanaan Pelayanan Perizinan dalam Perspektif Smart Service melalui sistem OSS (Online Single Submission). Penelitian ini berfokus pada 7 elemen-elemen dasar Smart Service dalam pelaksanaan pelayanan perizinan, yang meliputi : 1) Pengguna; 2) Jaringan; 3) Analis; 4)Platform IT atau Aplikasi; 5) Tim Pendukung; 6) Keandalan; 7)Keamanan. Fokus ini juga didukung berbagai macam teori terkait dengan menggunakan analisa data model Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pelaksanaan pelayanan yang dilakukan di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Cilegon sudah cukup baik. Ada beberapa hambatan dalam proses pelayanan perizinan secara online melalui sistem OSS (Online Single Submission) ini, salah satunya adalah dikarenakan kurangnya sosialisasi terhadap masyarakat yang menjadikan pemohon tidak mengetahui adanya peraturan baru untuk mengurus perizinan dan belum mengetahui informasi penting untuk melakukan proses perizinan.

English Abstract

Research on the Implementation of Public Service in the Licensing Sector in the Perspective of Smart Service through the OSS (Online Single Submission) system as an effort to improve the implementation of services at the One Stop Integrated Service Investment Service in Cilegon City. Public service in terms of licensing and non-licensing is a form of local government services to the community. One Stop Integrated Service is the activity of implementing Licensing and Non-Licensing which the management process from the application stage to the issuance of documents is carried out in one place. This research, which takes the title Public Service Implementation in the Licensing Sector in the Smart Service Perspective, seeks to analyze how the Implementation of Licensing Services in the Smart Service Perspective through the OSS (Online Single Submission) system. This study focuses on 7 basic elements of Smart Service in the implementation of licensing services, which include: 1) Users; 2) Network; 3) Analyst; 4) IT Platform or Application; 5) Support Team; 6) Reliability; 7) Security. This focus is also supported by various theories related to using the data analysis model of Miles, Huberman, and Saldana. The results of the study concluded that the implementation of services carried out at the One Stop Investment Service in Cilegon City was good enough. There are several obstacles in the online licensing service process through the OSS (Online Single Submission) system, one of which is due to the lack of socialization to the public which makes the applicant not aware of any new regulations to administer licensing and does not know important information for carrying out the licensing process.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521030056
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Smart Service, E-government, OSS (Online Single Submission), Public Service, Smart Service, E-government, OSS (Online Single Submission)
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Jan 2022 07:04
Last Modified: 24 Feb 2022 09:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/187889
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Sarah Amelia Murti.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item