Perbedaan Profil Kolonisasi Candida sp Pada Sputum Pasien Kanker Paru Dan TB Paru

Sahara, Soviana Anis and Prof. Dr. dr. Noorhamdani,, SpMK-K, and dr. Etty Fitria Ruliatna,, SpMK-K (2021) Perbedaan Profil Kolonisasi Candida sp Pada Sputum Pasien Kanker Paru Dan TB Paru. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

LATAR BELAKANG : Infeksi jamur merupakan penyakit kesehatan di seluruh dunia yang dipicu oleh peningkatan penggunaan antibiotik, obat imunosupresan, indwelling catheter dan jumlah pasien immunocompromised. Infeksi jamur paru merupakan gangguan paru dan saluran napas yang disebabkan oleh infeksi, kolonisasi, maupun reaksi hipersensitif terhadap jamur.. Penyakit TB paru dan kanker paru memiliki persamaan sebagai penyakit paru kronik dengan status imunocompromised yang beresiko tinggi mengalami kolonisasi Candida sp di saluran pernafasannya. TUJUAN : Mengetahui perbedaan profil kolonisasi Candida sp pada sputum pasien kanker paru dan pasien TB paru. METODE : Penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional dengan jumlah sampel dari masing-masing kelompok kanker paru dan TB paru sebanyak 30 orang dengan total sampel 60 orang yang diambil secara konsekutif. Kemudian dilakukan pemeriksaan laboratorium, pemeriksaan mikroskopis dan kultur jamur pada sputum. Selanjutnya dilakukan komparasi data dengan Uji Statistika Chi Square untuk membandingkan profil kolonisasi Candida sp sputum pada kedua kelompok sampel. HASIL : Pada penelitian ini didapatkan jumlah kultur Candida sp yang positif pada pasien kanker paru (80 %) dan pada pasien TB paru (87 %). Dengan spesies terbanyak adalah Candida albicans. Didapatkan nilai sel radang dan penemuan morfologi hifa yang lebih tinggi pada pasien TB paru. Ada perbedaan yang bermakna pada sensitifitas antifungal pada isolat Candida albicans terhadap Amphotericine B dan isolat Candida non albicans terhadap Fluconazole dan Micafungin pada 2 pada pasien kanker paru dan TB paru. Nilai sensitifitas pemeriksaan Gram sebesar 40% dan spesifitas 90%. KESIMPULAN : Candida albicans merupakan spesies terbanyak yang mengkolonisasi saluran pernafasan pasien kanker paru dan TB paru. Terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai sel radang dan hasil sensitifitas antifungal pada isolat Candida albicans terhadap Amphotericine B dan isolat Candida non albicans terhadap Fluconazole dan Micafungin pada pasien kanker paru dan TB paru.

English Abstract

OBJECTIVE: To understand the difference of Candida sp colonization profile in the sputum of Lung cancer and lung TB patients METHOD: This study was an observational study with cross sectional approach by using 60 sample that was consecutively determined, where 30 samples were from each lung cancer and lung tuberculosis group. We analyzed the laboratory, microscopic, and sputum culture test results; and compared the result statistically using Chi Square analysis to compare the Candida sp colonization profile in both groups. RESULTS: We found that 80% of lung cancer patient and 87% of lung TB patient had positive result on Candida sp culture, which is dominated by Candida albicans. We observed higher WBC value and hyphae of Candida in lung TB patient group. There was a significance difference in the sensitivity of Candida albicans isolate against Amphotericin B and non-Candida albicans isolate against Fluconazole and Micafungin in lung cancer and lung TB patient group. The sensitivity value of Gram assessment was 40% with 90% specificity. CONCLUSION: The isolate of Candida albicans was mostly found among lung cancer and lung TB patient group. There were significant differences in the WBC value and antifungal sensitivity test results in Candida albicans isolates against Amphotericin B and non-Candida albicans isolates against Fluconazole and Micafungin in lung cancer lung TB patient.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 042106
Uncontrolled Keywords: Candida sp, sputum, kanker paru, TB paru,Candida sp, sputum, lung cancer, pulmonary TB
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 616 Diseases
Divisions: Profesi Kedokteran > Spesialis Ilmu Penyakit Dalam, Fakultas Kedokteran
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 05 Jan 2022 06:57
Last Modified: 23 Feb 2022 07:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/187886
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Soviana Anis Sahara.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item