Analisis Pengaruh Risk Tolerance, Financial Attitude, Dan Literasi Keuangan Syariah Terhadap Keputusan Investasi Saham Syariah (Studi Kasus : Investor Millenial)

Utsman, Muhammad Azzam and Tyas Danarti Hascaryani ,, SE., ME (2021) Analisis Pengaruh Risk Tolerance, Financial Attitude, Dan Literasi Keuangan Syariah Terhadap Keputusan Investasi Saham Syariah (Studi Kasus : Investor Millenial). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pertumbuhan industri pasar modal syariah di Indonesia berkembang dengan sangat baik. Terjadi peningkatan jumlah aset pasar modal syariah di Indonesia pada tahun 2015- 2019 khususnya saham yang mengalami peminkatan kaptalisasi pasar saham syariah. Pennigkatan tersebut juga berbanding lurus dengan peningkatan jumlah investor saham, namun berdasarkan data, diketahui bahwa literasi keuangan masyarakat masih rendah khususnya terkait literasi pasar modal syariah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari faktor risk tolerance, financial, attitude dan literasi keuangan syariah terhadap keputusan investor saham syariah para generasi millenial. Generasi millennial dipilih karena merupakan investor mayoritas yang mendominasi peningkatan jumlah investor. Data dalam penelitian ini merupakan data primer yang disebar melalui kuesioner dengan target yang dituju adalah generasi millenial yang terlah berinvestasi di saham syariah selama waktu minimal 4 bulan. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa risk tolerance, financial attitude, dan literasi keuangan syariah berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan investasi saham syariah investor millenial.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521020117
Uncontrolled Keywords: : Saham Syariah, Millenial, Pasar Modal Syariah, Literasi Keuangan Syariah,
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 05 Jan 2022 04:35
Last Modified: 24 Feb 2022 07:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/187864
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
AZZAM_175020500111008.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item