Analisis Perumusan Strategi Pengembangan Bisnis Pada Umkm Kuliner Bakso Karangan

Kartika, Audy Rahmat Dian and Sri Palupi Prabandari,, SE.,MM.,Ph.D (2021) Analisis Perumusan Strategi Pengembangan Bisnis Pada Umkm Kuliner Bakso Karangan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persaingan usaha kuliner di Indonesia semakin ketat, tak terkecuali di Kabupaten Trenggalek. Banyak usaha kuliner yang bermunculan baik dari usaha skala besar maupun UMKM yang mendasari pentingnya perumusan strategi pengembangan bisnis bagi setiap usaha kuliner untuk menjaga keberlangsungan usaha agar dapat bersaing dengan banyaknya pesaing yang ada. Bakso Karangan merupakan salah satu UMKM kuliner di Kabupaten Trenggalek dengan sajian bakso sebagai produk utama. Selama satu tahun lebih usaha berjalan, penjualan atas produk yang ditawarkan Bakso Karangan masih tidak stabil. Kurangnya perencanaan serta belum optimalnya pemasaran yang dilakukan menjadi penyebab utama atas ketidakstabilan penjualan tersebut. Kondisi tersebut melatarbelakangi dilakukannya penelitian ini yakni dengan tujuan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal di Bakso Karangan, melakukan formulasi strategi, hingga menghasilkan keputusan strategi yang tepat guna pengembangan usaha. Jenis penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan berupa data primer dari wawancara, serta data sekunder berupa dokumen, jurnal dan sebagainya. Alat analisis yang digunakan yaitu Matriks IFE-EFE, SWOT, IE, serta Matriks QSPM. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan hasil analisis akhir, strategi yang paling tepat untuk digunakan Bakso Karangan adalah strategi penetrasi pasar, yaitu upaya peningkatan pangsa pasar melalui usaha pemasaran yang lebih besar.

English Abstract

Culinary business competition in Indonesia is increasing, and Trenggalek regency is not an exception. Numerous emerging culinary business, both majorscale business and micro, small, and medium-sized enterprises, has highlighted the importance of business development strategy formulation for the sustainability of the ventures and their competitiveness. Bakso Karangan is one of MSME in Trenggalek regency; serving bakso as the main product. After one year of operation, stability in sales has not been achieved. Poor planning and sub-optimal marketing are the main causes of the sales instability. Using the venture’s condition as the background, the objectives of this study are to identify the internal and external factors of Bakso Karangan, to formulate strategies for the business, and to produce a useful strategy for the venture’s development. This qualitative case study uses primary data obtained from interviews and secondary data in forms of documents, journal, etc. The results of the analysis incorporating IFE-EFE matrices, SWOT, IE, and QSPM matrix suggest that the most appropriate strategy for Bakso Karangan is market penetration, that is increasing market share through bigger marketing campaigns.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521020112
Uncontrolled Keywords: kuliner, strategi, pengembangan usaha, strategi penetrasi pasar, : culinary, strategy, business development, market penetration strategy
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 05 Jan 2022 03:19
Last Modified: 23 Feb 2022 06:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/187849
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Audy Rahmat Dian_165020900111009.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item