Keragaman Tanaman Calopogonium Caeruleum Genotip Lokal Bogor Sebagai Sumber Hijauan Pakan Ternak

Pratama, Wildan and Ir. Hanief Eko Sulistyo,, MP (2021) Keragaman Tanaman Calopogonium Caeruleum Genotip Lokal Bogor Sebagai Sumber Hijauan Pakan Ternak. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tanaman Calopogonium caeruleum seringkali digunakan sebagai tanaman penutup tanah dikenal dapat memperbaiki kondisi tanah. Tanaman ini juga dapat digunakan sebagai sumber hijauan pakan ternak, namun palatabilitas terhadap ternak yaitu rendah karena tanaman ini jarang digunakan sebagai sumber hijauan pakan ternak. Ketika musim kemarau tiba, tanaman Calopogonium caeruleum dapat digunakan sebagai alternatif sumber leguminosa hijauan pakan ternak karena hijauan yang sering digunakan yaitu rumput memproduksi jumlah yang sedikit dan banyaknya jerami padi yang sudah kering dan tua, sehingga dapat memenuhi nutrisi agar kandungan nutrisi terutama sumber protein tercukupi untuk ternak ruminansia. Calopogonium caeruleum mempunyai kandungan diantara 2,1– 3,4% N, 0,17–0,29% P, dan 2,4–2,6% K. Penelitian dilaksanakan mulai bulan September sampai Desember 2020. Penanaman dilakukan di Agro Techno Park UB, Cupak, Jatikerto, Kecamatan Kromengan, Malang, Jawa viii Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi keragaman tanaman Calopogonium caeruleum genotip lokal Bogor sebagai materi seleksi dalam produktivitas tanaman Calopogonium caeruleum untuk sumber hijauan pakan ternak. Materi digunakan dalam penelitian ini yaitu benih tanaman Calopogonium caeruleum yang berasal dari Bogor, Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah cara percobaan dengan rancangan petak tunggal dengan ± 500 individu tanaman dalam satu petak. Data yang diamati adalah panjang batang, berat batang, berat daun, jumlah daun, dan berat hijauan. Analisis data yang digunakan yaitu standar deviasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa keragaman genotip lokal yang dimiliki oleh tanaman Calopogonium caeruleum pada parameter panjang batang, berat batang, berat daun, jumlah daun, dan berat hijauan.memiliki nilai keragaman yang luas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Calopogonium caeruleum efektif dijadikan sebagai materi seleksi program pemuliaan keragaman genotip lokal Bogor untuk sumber hijauan pakan ternak dengan nilai keragaman yang luas. Pada parameter panjang batang, berat batang, berat daun, jumlah daun, dan berat hijauan. Saran untuk penelitian ini adalah perlu dilakukan analisis keragaman bagian parameter seperti parameter kandungan nutrisi tanaman Calopogonium caeruleum agar mendapatkan individu tanaman dengan produktivitas yang tinggi dan nilai nutrisi yang berkualitas.

English Abstract

The purpose of this study was to determine the diversity of local genotypes of Calopogonium caeruleum plants from Bogor as a selection material in the productivity of Calopogonium caeruleum plants for forage sources. Experiments were carried out using a single plot design experiment with ± 500 individual plants in one plot. Materials used in this study are Calopogonium caeruleum seeds from Bogor. Results the diversity of the genotypes of Calopogonium caeruleum obtained a wide diversity value, from the parameters of stem length, stem weight, leaf weight, number of leaves, and weight of forage. This study concluded that the plant Calopogonium caeruleum is effective as a selection program material for breeding Bogor local genotype diversity as a source of forage for livestock.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521050020
Uncontrolled Keywords: diversity, genotype, stem length, stem weight, leaf weight, leaf number, forage weight, calopogonium caeruleum, seed.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:45
Last Modified: 23 Feb 2022 07:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/187834
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Wildan Pratama.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item