Penerapan Aksioma Etika Islam Dalam Bisnis Perhotelan Dan Pengaruhnya Terhadap Preferensi Konsumen (Studi Kasus Hotel Radho Syariah)

Arifiani, Amalia and Aji Purba Trapsila,, SE.I, ME.I (2020) Penerapan Aksioma Etika Islam Dalam Bisnis Perhotelan Dan Pengaruhnya Terhadap Preferensi Konsumen (Studi Kasus Hotel Radho Syariah). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana penerapan Aksioma Etika Islam dalam bisnis Perhotelan dan pengaruhnya terhadap Preferensi Konsumen. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan Variabel Eksogen Tauhid (X1), Keadilan / Keseimbangan (X2), Kebebasan (X3), Tanggung Jawab (X4) dan Kualitas Pelayanan (Xm). Sedangkan Variabel Endogen yang digunakan adalah Preferensi Konsumen (Y) yang akan di analisis menggunakan metode Structural Equation Modelling Partial Least Square (SEM-PLS). Penelitian mengolah data yang diperoleh dari 100 responden konsumen Hotel Radho Syariah menunjukkan bahwa Tauhid (X1), Keadilan / Keseimbangan (X2), Kebebasan (X3), Tanggung Jawab (X4) dan Kualitas Pelayanan (Xm) dengan indikator-indikatornya secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Preferensi Konsumen (Y). Penelitian menyimpulkan bahwa Tauhid, Keseimbangan / Keadilan, Kebebasan, Tanggung Jawab dengan Variabel Moderasi Kualitas Pelayanan dapat menguatkan ke 4 Variabel Eksogen dan meningkatkan Preferensi Konsumen Hotel Radho Syariah.

English Abstract

This study aims to see how the application of Islamic Ethical Axioms in the hospitality business and its impact on consumer preferences. The type of research used is descriptive quantitative research with the Exogenous Variables of Tawheed (X1), Justice / Balance (X2), Freedom (X3), Responsibility (X4) and Service Quality (Xm). While the endogenous variable used is Consumer Preference (Y) which will be analyzed using the Structural Equation Modeling Partial Least Square (SEM-PLS) method. Research processing data obtained from 100 respondents of Radho Syariah Hotel consumers shows that Tauhid (X1), Justice / Balance (X2), Freedom (X3), Responsibility (X4) and Service Quality (Xm) with indicators partially have an influence positive and significant towards Consumer Preferences (Y). The study concluded that Tawheed, Balance / Justice, Freedom, Responsibility with Service Quality Moderation Variables can strengthen the 4 exogenous variables and increase consumer preferences of Radho Syariah Hotels.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520020494
Uncontrolled Keywords: Tauhid, Keseimbangan / Keadilan, Kebebasan, Tanggung Jawab, Kualitas Pelayanan, Preferensi Konsumen, Tawheed, Balance / Justice, Freedom, Responsibility, Service Quality, Consumer Preferences
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 05 Jan 2022 02:07
Last Modified: 17 Apr 2023 02:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/187825
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
AMALIAARIFIANI_155020501111025.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item