Analisis Program Corporate Social Responsibility Pt Japfa Comfeed Indonesia (Persero) Tbk

Ahmad, Wildan Rosyada and Rizki Prafitri,, S.Pt., M.A., Ph.D. (2021) Analisis Program Corporate Social Responsibility Pt Japfa Comfeed Indonesia (Persero) Tbk. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seiring dengan ketatnya persaingan, perusahaan dituntut untuk terus berkembang yang mengakibatkan timbulnya dampak ekonomi, sosial dan lingkungan yang harus diatasi. Program Corporate Social Responsibility (CSR) banyak dipilih perusahaan untuk meredam masalah-masalah yang muncul dan juga sekaligus meningkatkan citra perusahaan. Sebagai salah satu perusahaan agrifood terbesar dan terkemuka di tanah air, PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk juga menerapkan CSR sebagai salah satu programnya. Penelitian ini akan menganalisis bagaimana program CSR yang telah dilaksanakan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk serta perannya terhadap para pemangku kepentingannya. Analisis ini diharapkan dapat menjadi kritik dan masukan sehingga perusahaan dapat mengintegrasikan pemangku kepentingan sehingga program CSR dapat berjalan dengan lebih baik. Data utama yang digunakan berupa data sekunder dari Laporan Keberlanjutan dan Laporan Tahunan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk tahun 2015-2019. Keseluruhan data PA VIII tersebut kemudian dikelompokkan dan dianalisis secara deskriptif dengan pendekatan kualitatif menggunakan berbagai literatur terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stakeholder perusahaan meliputi: pelanggan; pemegang saham; pemerintah; karyawan; masyarakat; pemasok; perhimpunan; peternak mitra; distributor; dan media. Dalam hal ini, pelanggan, pemegang saham, pemerintah, karyawan, masyarakat, perhimpunan, dan media merupakan stakeholder yang telah memiliki hubungan baik dengan perusahaan, terlihat dari terpenuhinya keriteria kepuasan yang dibutuhkan serta tidak adanya masalah yang ditemukan. Akan tetapi, dalam beberapa topik yang diperlukan tidak disajikan dalam Laporan Tahunan dan Laporan Keberlanjutan, bahkan ditemukan beberapa kasus yang bertolak belakang dari komitmen perusahaan. Beberapa data yang tidak disediakan adalah mengenai detail kontrak kerja sama dengan pemasok, peternak mitra, dan distributor. Selain itu, pada beberapa literatur disebutkan bahwa ada kekurangan dari kontrak kerja sama antara perusahaan dengan peternak mitra. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pada periode 2015-2019, PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk selalu menjalankan kegiatan dan program CSR yang mencakup berbagai bidang. Selain itu, peran program CSR adalah menjadi media untuk melibatkan dan menjaga hubungan baik antara stakeholder dengan perusahaan. Secara umum, perusahaan telah membina hubungan baik dengan seluruh stakeholdernya, terlihat dari terpenuhinya sebagian besar kriteria kepuasan dari stakeholder. Akan tetapi, ada beberapa informasi mengenai detail kontrak dengann pemasok, peternak PA IX mitra, dan distributor yang tidak disajikan. Dari hal tersebut, peneliti menyarankan ditambahkan informasi yang detail pada Laporan Tahunan atau Laporan Keberlanjutan, yaitu: kontrak kerjasama yang dilakukan dengan pemasok, peternak mitra, dan distributor agar terjaganya transparansi perusahaan dan juga adanya pernyataan di media resmi perusahaan terkait informasi-informasi penting mengenai perusahaan agar khalayak umum mendapat informasi yang valid.

English Abstract

Many companies choose Corporate Social Responsibility (CSR) programs to reduce the problems that appear and at the same time improve their corporate image. As one of the largest agri-food companies in Indonesia, PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk also implements CSR as one of its programs. This study analyzes CSR programs implemented by PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk and their role to stakeholders. Main data of this study were collected from the Sustainability Report and the Annual Report for the period of 2015-2019. Data were analyzed descriptively with qualitative approach uses related literature. The result indicated the stakeholders of PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk were customers; shareholders; government; employees; society; suppliers; association; partner farmers; distributor; and the media. Customers, shareholders, government, employees, society, associations, and the media were stakeholders who have a good relationships with the company. It can be seen from the fulfillment of the satisfaction criteria needed and the absence of problems found. However, in some necessary topics, the company does not present in its Annual Report and PA VI Sustainability Report, there are even cases that contradict company’s commitments. Some of the data that is not provided is regarding the details of the contracts that the company has entered into with suppliers, partner farmers, and distributors. The conclusion of this study is at 2015-2019 period, PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk always implements CSR in various fields. The role of CSR is to becomes a medium to involve and maintain good relations between stakeholders and the company. In general, PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk has maintained good relations with all of its stakeholders, as can be seen from the fulfillment of satisfaction criteria from stakeholders. However, some of the data about contracts that the company has entered into with suppliers, partner farmers, and distributors is not provided by company.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521050019
Uncontrolled Keywords: corporate social responsibility, stakeholder, annual and sustainability report
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 05 Jan 2022 02:19
Last Modified: 15 Mar 2024 04:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/187823
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO]
Preview
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Wildan Rosyada Ahmad.pdf

Download (923kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item