Pengaruh Penambahan Ekstrak Meniran (Phyllanthus Niruri L.) Menggunakan Microwave-Assisted Extraction Terhadap Viskositas, Foam, Optical Microscopy Nano Protein Whey

Saragih, Winda Fransisca and Dr. Ir. Muharlien,, MP (2021) Pengaruh Penambahan Ekstrak Meniran (Phyllanthus Niruri L.) Menggunakan Microwave-Assisted Extraction Terhadap Viskositas, Foam, Optical Microscopy Nano Protein Whey. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Susu merupakan bahan pangan sumber protein hewani yang disintesis oleh kelenjar mammae (ambing) dan dihasilkan pada saat periode laktasi. Susu pada kelenjar mammae berasal dari pakan ternak bernutrisi dan disuplai oleh darah. Salah satu komponen gizi yang terdapat pada susu yaitu protein. Protein susu merupakan kelompok molekul yang sangat heterogen, terdiri dari lima kategori yaitu kasein, protein whey, protein globul lemak susu, enzim dan protein minor lainnya. Protein whey memiliki sifat kelarutan yang tinggi, mampu menciptakan viskositas, pembentuk dan penstabil buih. Tanaman meniran diekstraksi menggunakan metode Microwave-Assisted Extraction dengan pelarut aquades. Ekstraksi dilakukan menggunakan panas yang dihasilkan oleh gelombang mikro pada microwave sehingga jaringan dan viii dinding sel pada meniran akan lisis yang berakibat terekstraknya senyawa bioaktif meniran. Penambahan ekstrak meniran (Phyllanthus niruri L) yang mengandung flavonoid pada protein whey akan berinteraksi dan saling berikatan sehingga mengubah struktur protein dan meningkatkan manfaat kesehatan. Penelitian dilaksanakan Bulan Januari 2021 sampai dengan Bulan Februari 2021 di Laboratorium Teknologi Hasil Ternak (THT) Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya, Malang dan Laboratorium Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Kampus 3, Kota Batu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan ekstrak meniran terhadap viskositas, foam overrun, foam stability dan optical microscopy pada nano protein whey. Materi yang digunakan pada penelitian adalah protein whey dan ekstrak meniran. Metode yang digunakan adalah metode percobaan Rangkaian Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan penambahan ekstrak meniran yaitu P0 (tanpa penambahan ekstrak meniran), P1 (penambahan ekstrak meniran 30 ug/ml), P2 (penambahan ekstrak meniran 60 ug/ml) dan P3 (penambahan ekstrak meniran 90 ug/ml) dengan masing-masing 3 ulangan. Variabel yang diamati adalah viskositas, foam overrun, foam stability dan mikroskopis buih. Data yang diperoleh pada uji viskositas, foam overrun dan foam stability dianalisa menggunakan analisis ragam DMRT (Duncan Multiple Range Test) jika menunjukkan adanya perbedaan. Sedangkan data uji mikroskopis buih dianalisa secara deskriptif.

English Abstract

The purpose of this research were to determined effect of addition and best addition meniran extract on nano whey protein in terms of viscosity, foam and optical microscopy. Data collection method was laboratory experiment with 4 treatments meniran extract content consist of P0 (without meniran extract), P1 (30 ug/ml), P2 (60 ug/ml) and P3 (90 ug/ml) which repeated 3 replications, respectively. Experiment was designed by Completely Randomized Design (CRD). The data was analyzed by Analysis of Variance (ANOVA), if there were significantly differences would be continued by Duncan Multiple Range Test (DMRT). The results showed that addition meniran extract on nano whey protein has significant different (P<0,05) of viscosity. However, has not significant different (P>0,05) of foam overrun and foam stability. Based on this research, conclude that addition meniran extract 90 vi ug/ml (P3) on nano whey protein can maintain physic properties of whey protein with best result was optimal viscosity, foam overrun, foam stability and optical microscopy was almost uniform, spread equally and has thick lamella of bubbles.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521050018
Uncontrolled Keywords: nano whey protein, meniran extract, foam overrun, foam stability, optical microscopy
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 04 Jan 2022 08:09
Last Modified: 24 Feb 2022 01:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/187817
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Winda Fransisca Saragih.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item