Analisis Pengaruh Aglomerasi, Infrastruktur, Upah Minimum, Jumlah Orang Bekerja, Dan Indeks Pembangunan Manusia Terhadap Ketimpangan Distribusi Pendapatan Antar Kabupaten/Kota Jawa Timur

Tsamara, Alifia Nadia and Prof. Dr. Agus Suman,, SE., DEA (2021) Analisis Pengaruh Aglomerasi, Infrastruktur, Upah Minimum, Jumlah Orang Bekerja, Dan Indeks Pembangunan Manusia Terhadap Ketimpangan Distribusi Pendapatan Antar Kabupaten/Kota Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ketimpangan merupakan masalah yang umum dihadapi oleh negara berkembang tak terkecuali indonesia. Jawa Timur merupakan salah satu wilayah dengan tingkat ketimpangan yang terus meningkat tiap tahunnya hingga menyamai ketimpangan nasional pada 2015. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kondisi ketimpangan distribusi pendapatan antar Kabupaten/Kota Jawa Timur serta faktor yang diduga mempengaruhi fluktuasinya. Penelitian dilakukan dengan data 38 Kabupaten/Kota Jawa timur pada periode 2010 hingga 2015 menggunakan analisis indeks entropi theil dan regresi data panel. Hasil analisis menunjukkan adanya tren meningkat pada ketimpangan distribusi pendapatan antar Kabupaten/Kota Jawa Timur. Adapun faktor yang berpengaruh signifikan terhadap fluktuasi ketimpangan adalah aglomerasi, jumlah orang bekerja, dan Indeks Pembangunan Manusia. Sedangkan variabel Infrastruktur dan upah minimum tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap ketimpangan.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521020104
Uncontrolled Keywords: Ketimpangan, Indeks Entropi Theil, Jawa Timur,
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 04 Jan 2022 07:32
Last Modified: 24 Feb 2022 14:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/187811
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Alifia Nadia Tsamara 175020100111031.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item