Pengujian Pengaruh Perendaman Ozon Dan Konsentrasi Lilin Lebah Terhadap Sifat Fisik Dan Kimia Cabai Merah Keriting (Capsicum Annum L.) Selama Penyimpanan Pada Suhu Ruang

Akbar Y, Adamas and Dr.Ir.Bambang Dwi Argo, DEA and Dewi Maya Maharani, STP,M.Sc (2019) Pengujian Pengaruh Perendaman Ozon Dan Konsentrasi Lilin Lebah Terhadap Sifat Fisik Dan Kimia Cabai Merah Keriting (Capsicum Annum L.) Selama Penyimpanan Pada Suhu Ruang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Cabai merah keriting merupakan tanaman sayuran buah semusim, yang diperlukan oleh seluruh lapisan masyarakat. Cabai merah keriting banyak digunakan sebagai bumbu sayur, penyedap makanan, dan sebagai pelengkap menu makanan khas Indonesia. Guna memenuhi kebutuhan tersebut perlu adanya pengolahan khusus yaitu pelapisan atau edible coating dan perendaman larutan ozon yang berfungsi menjaga kandungan gizi dan vitamin serta memperpanjang umur simpan pada cabai merah keriting. Edible coating bertujuan untuk mencegah terjadinya kehilangan air dan menjaga kekokohan bahan pangan dengan mengontrol tingkat kematangan dan respirasi. Perendaman ozon mampu mengurangi mikroba penyebab kerusakan pada permukaan cabai merah keriting. Penelitian ini terdiri dari 4 tahap yaitu perendaman ozon, pelapisan beeswax pada cabai merah keriting, penyimpanan dan analisa cabai merah keriting. Berdasarkan pelapisan lilin lebah dengan konsentrasi 6% dan selama 15 menit perendaman ozon mampu mempertahankan kadar air hingga 3,85% pada penyimpanan 7 hari serta 1,24% pada penyimpanan 14 hari. Perlakuan ini dapat mengurangi susut bobot hingga 3,85% pada penyimpanan 7 hari dan 4,11% pada penyimpanan 14 hari. Penggunaan perlakuan ini dapat juga mempertahankan kadar vitamin C hingga 2,49 % selama penyimpanan 14 hari. Serta mengurangi laju produksi kadar capcaisin hingga 0,19% pada penyimpanan 14 hari serta menjaga kenampakan fisik dari cabai merah keriting. Perlakuan perendaman ozon dan pelapisan lilin lebah dapat mempertahankan sifat fisik dan kimia cabai merah keriting.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2019/253/052002235
Uncontrolled Keywords: Cabai merah keriting, lilin lebah, perendaman ozon
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture and related technologies
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Keteknikan Pertanian
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 28 Dec 2021 01:57
Last Modified: 30 Mar 2022 07:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/187664
[thumbnail of Adamas  Akbar Y.pdf]
Preview
Text
Adamas Akbar Y.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item