Pengaruh Desentralisasi Fiskal terhadap Kesejahteraan Masyarakat Indonesia di Bidang Pendidikan

Rahmadi, Ginanjar Agung and Prof.Dr.M.Pudjihardjo,, SE.,MS (2020) Pengaruh Desentralisasi Fiskal terhadap Kesejahteraan Masyarakat Indonesia di Bidang Pendidikan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari desentralisasi fiskal, yang diwakili oleh rasio PAD terhadap Pendapatan Daerah, Dana Alokasi Khusus (DAK), dan Belanja Daerah Fungsi Pendidikan, serta variabel lain yaitu PDRB per kapita dan Kemiskinan terhadap kesejahteraan masyarakat di bidang pendidikan yang diwakili Rata-rata Lama Sekolah (RLS). Penelitian ini menggunakan analisis data panel dengan model Fixed Effect. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasio PAD terhadap Pendapatan Daerah tidak berpengaruh signifikan terhadap RLS. Sedangkan DAK, dan Belanja Daerah Fungsi Pendidikan berpengaruh positif signifikan terhadap RLS. Dengan demikian, desentralisasi fiskal berpengaruh signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat bidang pendidikan. PDRB per kapita berpengaruh positif signifikan terhadap RLS, sedangkan Kemiskinan tidak berpengaruh signifikan terhadap RLS.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FEB/2020/15/052003784
Uncontrolled Keywords: desentralisasi fiskal, PAD, DAK, Belanja Fungsi Pendidikan, PDRB per kapita, Kemiskinan, Rata-rata Lama Sekolah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 17 Dec 2021 06:40
Last Modified: 17 Apr 2023 02:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/187471
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ginanjar Agung Rahmadi.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item