Analisis Pemberdayaan Wakaf Tunai Terhadap Pendapatan Dan Spiritual Value Rumah Tangga Mauquf’alaih (Studi Pada Koperasi Masjid Sabilillah Kota Malang)

Muharoman, Gumilar Ganda and Dr. Iswan Noor,, SE., ME. (2020) Analisis Pemberdayaan Wakaf Tunai Terhadap Pendapatan Dan Spiritual Value Rumah Tangga Mauquf’alaih (Studi Pada Koperasi Masjid Sabilillah Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kemiskinan telah menjadi permasalahan yang kompleks dan sifatnya multidimensional. Salah satu strategi baru dalam rangka mengatasi kemiskinan adalah melalui optimalisasi sumber keuangan Islam berupa wakaf tunai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberdayaan wakaf tunai terhadap pendapatan dan spiritualitas rumah tangga mauquf’alaih Koperasi Masjid Sabilillah Kota Malangdan mengetahui klasifikasi rumah tangga mauquf’alaih dalam kuadran CIBEST sebelum dan sesudah adanya bantuan modal wakaf tunai. Penelitian ini menggunakan sebanyak 31 responden rumah tangga mauquf’alaih Koperasi Masjid Sabilillah Kota Malang. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang kemudian dianalisis dengan uji beda yaitu Paired Sample T-Test dan Wilcoxon Test dengan menggunakan aplikasi SPSS 22 dan juga menggunakan model CIBEST untuk mengukur tingkat kemiskinan dari material value dan spiritual value. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan pada pendapatan dan spiritual value rumah tangga mauquf’alaih sebelum dan sesudah adanya pemberdayaan wakaf tunai. Dalam kuadran CIBEST, terdapat peningkatan nilai indeks kesejahteraan dan penurunan nilai indeks kemiskinan materiil sesudah adanya bantuan modal wakaf tunai Koperasi Masjid Sabilillah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FEB/2020/24/052003793
Uncontrolled Keywords: Wakaf Tunai, Koperasi Masjid Sabilillah Kota Malang, Mauquf’alaih, CIBEST
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 17 Dec 2021 06:32
Last Modified: 17 Apr 2023 02:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/187469
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Gumilar Ganda Muharoman.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item