Ketepatan Pedet Jantan Hasil Inseminasi Buatan Menggunakan Semen Sexing Dobel Dosis Pada Sapi Persilangan Ongole

Bustari, Wempy Oswin and Prof. Dr. Ir.Trinil Susilawati, MS., IPU (2019) Ketepatan Pedet Jantan Hasil Inseminasi Buatan Menggunakan Semen Sexing Dobel Dosis Pada Sapi Persilangan Ongole. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Palang Kabupaten Tuban dan Laboratorium Reproduksi Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya yang dimulai pada bulan April-November 2018. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ketepatan jenis kelamin jantan hasil Inseminasi Buatan (IB) menggunakan semen sexing dobel dosis pada sapi Persilangan Ongole Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 43 ekor pedet sapi Persilangan Ongole yang lahir dari induk yang sudah di IB menggunakan semen beku non sexing sebanyak 24 ekor dan semen beku sexing sperma – Y dobel dosis sebanyak 19 ekor. Semen yang digunakan untuk penelitian ini adalah semen beku yang diproduksi langsung oleh Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) Singosari. Penelitian ini menggunakan dua perlakuan semen yaitu semen beku sexing sperma – Y dobel dosis dan semen beku non sexing. Straw jenis semen yang digunakan adalah semen sexing dan semen non sexing sapi Limousin dengan kode straw sexing 80545KK003 yang disimpan dalam kontainer nitrogen cair selanjutnya data yang diperoleh dianalisis secara diskriptif. Hasil penelitian menunjukan semen sexing memiliki proporsi spermatozoa berkromosom X dan Y sebesar 47,23% dan 52,77%. Selain itu kelahiran pedet berjenis kelamin jantan dan betina dari IB menggunakan semen sexing sperma - Ydobel dosis memiliki persentase 21,05% dan 78,95% sedangkan untuk semen non sexing menghasilkan pedet berjenis kelamin betina dan jantan sebesar 45,83% dan 54,17%. Parameter untuk menetukan ketepatan jenis kelamin pedet yang lahir dibandingkan dengan proporsi spermatozoa dalam semen adalah semakin kecil selisih maka tingkat keakuratan juga akan semakin tinggi. Kelahiran pedet berjenis kelamin jantan pada Sapi Persilangan Ongole yang di IB dengan menggunakan semen beku sexing sperma - Y dengan metode SGDP memiliki tingkat ketepatan jenis kelamin yang tinggi. Mengacu pada proporsi sperma - Y pada semen sexing sebesar 80,79 % dapat menghasilkan pedet dengan jenis kelamin jantan dengan persentase kelahiran sebesar 78,95 %.

English Abstract

The aim of the research was to know the accuration of male gender calf from Artificial Insemination (AI) using double dosage semen Y spermatozoa that produce from SGDP method on crossbreed ongole. The study was conducted from April 26th to November 2nd in subdistrict Palang, Tuban Regency and Reproduction Labroratorium, Animal Science Faculty, Brawijiya University. The study material were 43 calves and sexed semen from BBIB Singosari. Twenty fourth calves from cattle that already inseminated with non sexed semen and nineteen calves from cattle that already inseminated with sexed semen. Samples were from selected frpm the latest research. The method used in this study was a direct observation method on the sex of calves on Crossbreed Ongole owned by farmers in the District of Palang, Tuban Regency and the percentage proportion of spermatozoa X and Y which determined by measuring the size of the head in each cement using a microscope equipped with a micrometer on the ocular lens. The data were analyzed using Analyze of Descriptive. The result showed that in the proportion of Y spermatozoa in sexed semen was 80.79 % and the male gender calf from artificial insemination using double dosage sexed semen was 78.95 %. The study concluded that artificial insemination (AI) using double dosage sexed semen had high accuracy based on percentage of male gender was born and the proportion from sperma - Y in sexed semen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FAPET/2019/135/051909901
Uncontrolled Keywords: crossbreed ongole, sexed semen, percoll gradient density centrifugation, artificial insemination, double dosage
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 14 Dec 2021 04:22
Last Modified: 16 Mar 2022 01:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186955
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Wempy Oswin Bustari.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item