Eksperimen Pengaruh Variasi Konsentrasi Limonene oil Sebagai Aditif Bahan Bakar Isooktana Terhadap Properties Bahan Bakar Minyak

Yudoyana, Rafi Reza and Dr.Eng.Widya Wijayanti,, ST.,MT. and Dr.Eng. Mega Nur Sasongko, ST.,MT. (2021) Eksperimen Pengaruh Variasi Konsentrasi Limonene oil Sebagai Aditif Bahan Bakar Isooktana Terhadap Properties Bahan Bakar Minyak. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bahan bakar bensin saat ini banyak digunakan sebagai kebutuhan transportasi umum. Namun kebutuhan produksi bahan bakar semakin meningkat akibat peningkatan jumlah kendaraan disetiap tahunnya yang menyebabkan cadangan minyak setiap tahunnya semakin menurun, Selain itu peningkatan jumlah sampah organik menjadi masalah yang rumit, sehingga limbah organik banyak dimanfaatkan menjadi produk yang bisa digunakan kembali atau menjadi produk yang memiliki nilai jual seperti pada Potensi limbah kulit jeruk di Indonesia sebesar 500.000 ton per tahunnya sehingga banyak minyak atsiri yang berasal dari hasil ekstrak limbah buah-buahan. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut salah satunya adalah pemanfaatan minyak atsiri dari kulit jeruk yaitu D-limonene sebagai aditif pada bahan baku bensin yaitu isooktana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan chemical dan physical properties pada konsentrasi 0%, 1%, 3%, 5%, 7%, 10%, 30%, 50% dan 80%, serta dapat menjadi referensi untuk pengurangan kadar isooktana pada bensin sehingga dapat menciptakan bahan bakar yang lebih ekonomis. Penelitian ini dilaksanakan secara eksperimental. Limonene oil dicampur dengan isooktana pada berbandingan volume konsentrasi 0%, 1%, 3%, 5%, 7%, 10%, 30%, 50% dan 80% yang kemudian diuji properti bahan bakarnya yang mencakup sifat kimia dan sifat fisik. Setiap penambahan konsentrasi aditif mengalami kenaikan hasil senyawa yang terkadung dan sifat fisiknya, pada perbandingan dari setiap konsentrasi, konsentrasi 30% hampir memenuhi standar hidrokarbon EURO II, III, IV dan VI sedangkan pada perbandingan densitas konsentrasi 30% dan 50% memenuhi batas maksimal dan minimal. Kemudian viskositas konsentrasi 30% dan 50% cenderung mendekati viskositas bensin sedangkan hasil flashpoint megalami peningkatan yang dipengaruhi oleh gaya london yang ditinjau dari hasil chemical properties. Sedangkan hasil nilai kalor pada konsentrasi 30%, 50% dan 80% cenderung lebih besar dibandingkan nilai kalor bahan bakar lainnya sehingga dengan penambahan aditif pada bahan baku bensin dapat menjadi sebuah keunggulan pada properties bahan bakarnya.

English Abstract

Gasoline is currently widely used as a necessity for public transportation. However, the need for fuel production is increasing due to an increase in the number of vehicles each year which causes oil reserves to decrease every year. In addition, an increase in the amount of organic waste is a complicated problem, so that many organic waste is used into products that can be reused or become products that have value. selling as in the potential of orange peel waste in Indonesia of 500,000 tons per year so that a lot of essential oil comes from the extract of fruit waste. One of the efforts made to overcome this problem is the use of essential oil from orange peels, namely D-limonene as an additive to gasoline raw material, namely isooctane. This study aims to determine the relationship between chemical and physical properties at concentrations of 0%, 1%, 3%, 5%, 7%, 10%, 30%, 50% and 80%, and can be a reference for reducing isooctane levels in gasoline so that can create a more economical fuel. This research was conducted experimentally. Limonene oil mixed with isooctane at a volume ratio of 0%, 1%, 3%, 5%, 7%, 10%, 30%, 50% and 80%, which are then tested for fuel properties including chemical and physical properties. Each addition to the concentration of additives has an increase in the yield of the compounds contained and its physical properties, at the ratio of each concentration, the concentration of 30% almost meets the hydrocarbon standards of EURO II, III, IV and VI while the density ratio of 30% and 50% concentrations meets the maximum and minimum limits. Then the viscosity concentrations of 30% and 50% tend to be close to the viscosity of gasoline, while the flashpoint results have increased which is influenced by the London force in terms of the chemical properties. While the results of heating value at concentrations of 30%, 50% and 80% tend to be greater than the calorific value of other fuels so that the addition of additives to gasoline raw materials can be an advantage in its fuel properties.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521070203
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Isooktana, Properties bahan bakar, Limonene oil, Zat aditif, Minyak atsiri, densitas, viskositas, nilai kalor, flashpoint
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.8 Machine engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: yulia Chasanah
Date Deposited: 04 Jan 2022 07:43
Last Modified: 24 Sep 2024 01:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186898
[thumbnail of Rafi Reza Yudoyana.pdf] Text
Rafi Reza Yudoyana.pdf

Download (10MB)

Actions (login required)

View Item View Item