Analisis Konflik Pengemudi Transportasi Online Dalam Negosiasi Wilayah Operasional Di Terminal Arjosari Kota Malang

Pratama, Tetuko Ilham (2020) Analisis Konflik Pengemudi Transportasi Online Dalam Negosiasi Wilayah Operasional Di Terminal Arjosari Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Konflik transportasi online dengan konvensional terjadi karena pengemudi transportasi konvensional merasa tersaingi dengan kehadiran transportasi online yang memberikan kemudahan-kemudahan kepada konsumennya. Hadirnya titik penjemputan dipandang sebagai solusi yang baik karena tidak merugikan kedua belah pihak, dan dengan hadirnya titik penjemputan kedua belah pihak bisa bersaing dengan adil dalam mendapatkan penumpang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konflik pengemudi transportasi online dalam negosiasi wilayah operasional di terminal Arjosari Kota Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa konflik dengan pengemudi transportasi konvensional terjadi secara langsung baik dalam bentuk konflik verbal ataupun kekerasan fisik. Konflik ini disebabkan karena pihak pengemudi transportasi konvensional merasakan dampak adanya transportasi online yaitu penurunan pendapatan. Selain itu, Permasalahan tarif dan peraturan yang belum jelas menyebabkan terjadinya pro dan kontra. Usaha penyelesaian konflik berupa mediasi oleh berbagai pihak telah dilakukan dan menghasilkan aturan titik penjemput atau batas penjemputan penumpang yang di perbolehkan untuk driver online.

English Abstract

The conflict between online and conventional transportation occurs because conventional transportation drivers feel competitive with the presence of online transportation that provides convenience to their consumers. The presence of a pick-up point is seen as a good solution because it does not harm both parties, and with the presence of a pick-up point both parties can compete fairly in getting passengers. This study aims to determine the conflict of online transportation drivers in the negotiation of operational areas at Arjosari terminal in Malang City. The type of research used is descriptive with a qualitative approach. Data collection was carried out using observation, interview, and documentation techniques. Data analysis techniques used data reduction, data presentation, and conclusions. The results of the study concluded that conflict with conventional transportation drivers occurred directly, either in the form of verbal conflict or physical violence. This conflict is caused because conventional transportation drivers feel the impact of online transportation, namely a decrease in income. In addition, the problem of tariffs and unclear regulations causes pros and cons. Conflict resolution efforts in the form of mediation by various parties have been carried out and resulted in rules for pick-up points or passenger pick-up limits that are allowed for online drivers.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520110142
Uncontrolled Keywords: konflik, transportasi online, transportasi konvensional, negosiasi , conflict, online transportation, conventional transportation, negotiation
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 30 Nov 2021 06:41
Last Modified: 30 Nov 2021 06:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186861
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
TETUKO ILHAM PRATAMA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2022.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item