Serang Culture Festival Sebagai Strategi Branding Destinasi Wisata Dan Budaya Di Kabupaten Blitar

Purwanti, Bety (2021) Serang Culture Festival Sebagai Strategi Branding Destinasi Wisata Dan Budaya Di Kabupaten Blitar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Serang Culture Festival merupakan sebuah acara yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Serang di Pantai Serang Kabupaten Blitar. Acara festival ini sudah terselenggara lima kali dari tahun 2015 hingga tahun 2019. Acara ini menjadi sebuah festival terbesar dan satu-satunya yang ada di Kabupaten Blitar. Dalam penyelenggaraanya konsep dari acara ini adalah mengkolaborasikan seni tradisi dan seni modern menjadi sebuah rangkaian acara yang unik. Melalui acara ini diharapkan Pantai Serang akan semakin dikenali sehingga akan berdampak pada peningkatan jumlah wisatawan, peningkatan pendapatan masyarakat setempat, dan semakin dilestarikannya budaya setempat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana strategi pelaksanaan Serang Culture Festival sehingga acara tersebut menjadi sebuah brand yang diunggulkan Pemerintah Desa Serang dalam mempromosikan Pantai Serang beserta kebudayaan setempat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Collaborative Destination Branding yang didalamnya terdapat indikator seperti Precondition, Problem Setting, Direction Setting, Implementation, Evaluation, dan Outcome. Hasil dalam penelitian ini akan menunjukan langkah-langkah strategis yang dilakukan Pemerintah Serang dalam melaksanakan Serang Culture Festival. Dalam penelitian ini juga akan dipaparkan mengenai Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat dalam persiapan hingga pelaksanaan Serang Culture Festival. Faktor Pendukungnya meliputi kepemimpinan, partisipasi dari masyarakat yang baik, adanya bantuan sumber daya manusia, kondisi geografis yang mendukung, dan fasilitas yang mendukung di Pantai Serang. Sedangkan Faktor Penghambatnya meliputi adanya Pandemi Covid-19, banjir, kekurangan sumber daya manusia, kondisi anggaran, runtutan rangkaian kegiatan acara, dan daya beli yang masih rendah.

English Abstract

Serang Culture Festival is an event organized by the Serang Village Government on Serang Beach Blitar Regency. This festival has been held five times from 2015 to 2019. This event is the largest and only festival in Blitar Regency. In the event, the concept of this event is to collaborate traditional art and modern art into a unique series of events. Through this event, it is hoped that Serang Beach will be increasingly recognized so that it will have an impact on increasing the number of tourists, increasing local people's income, and increasing the preservation of local culture. The purpose of this research is to see how the strategy of implementing the Serang Cultural Festival so that the event becomes a brand that is favored by the Serang Village Government in spreading Serang Beach and its local culture. The theory used in this research is the Collaborative Destination Branding Theory, which includes indicators such as Precondition, Problem Setting, Direction Setting, Implementation, Evaluation, and Outcome. The results of this study will show the strategic steps taken by the Serang Government in implementing the Serang Culture Festival. This investigation will also explain the Supporting and Inhibiting Factors in preparation for the implementation of the Serang Culture Festival. Supporting factors include leadership, good community participation, human resource assistance, supportive geographical conditions, and supporting facilities at Serang Beach. Meanwhile, the inhibiting factors include the Covid-19 Pandemic, floods, lack of human resources, budget conditions, a series of events, and low purchasing power.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521110012
Uncontrolled Keywords: Acara, Serang Culture Festival, dan Pantai Serang., Events, Serang Culture Festival, and Serang Beach.
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 26 Nov 2021 02:04
Last Modified: 24 Feb 2022 02:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186790
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
- bety purwanti.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item