Efektivitas Peraturan Walikota Malang Nomor 19 Tahun 2010 Tentang Penyelenggaraan Pelayanan Penanganan Pengaduan Publik (Studi Di Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Malang)

Rakasiwi, Rochmatul Ekky (2021) Efektivitas Peraturan Walikota Malang Nomor 19 Tahun 2010 Tentang Penyelenggaraan Pelayanan Penanganan Pengaduan Publik (Studi Di Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini, yang penulis bahas adalah mengenai pengaduan dengan sistem online yaitu Sambat (Sistem Aplikasi Masyarakat Bertanya Terpadu) Online. Penelitian ini dilatarbelakangi dari partisipasi warga masyarakat kota Malang dalam pelayanan publik melalui pemanfaatan laman Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online. Hadirnya Sambat Online tersebut dimaksudkan agar masyarakat dapat dengan mudah memberikan aspirasi terkait pelayanan publik. Dengan adanya kewajiban dalam yang sesuai dengan ketentuan Peraturan Walikota Nomor 19 Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Pengaduan Publik dalam hal ini penulis akan mengangkat 2 rumusan masalah yang ada dalam penulisan skripsi ini, yakni mengenai: 1) Bagaimana Efektivitas Peraturan Walikota Malang Nomor 19 Tahun 2010 Tentang Penyelenggaraan Pelayanan Pengaduan Publik Di Kota Malang? dan; 2) Faktor Apa Saja Yang Mempengaruhi Efektivitas Peraturan Walikota Malang Nomor 19 Tahun 2010 Tentang Penyelenggaraan Pelayanan Pengaduan Publik Di Kota Malang? Permasalahan tersebut penulis kaji dengan menggunakan metode penelitian yuridis empiris, dengan melakukan pendekatan yuridis sosiologis. Jenis data menggunakan data primer yang dilakukan Penulis dengan wawancara langsung dengan narasumber di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang dan data sekunder yang dilakukan penulis mencari peraturan perundang-undangan dan teori para ahli. Teknik memperoleh data dilakukan oleh Penulis dengan cara wawancara, studi lapang, dan studi kepustakaan. viii Hasil penelitian ini yang dilakukan oleh penulis ini, dapat disimpulkan bahwa, dalam hal penerapan Aplikasi Sambat sebagai Sarana Penyelenggaraan Pelayanan Pengaduan Publik Di Kota Malang dapat dikatakan telah berjalan efektif di masyarakat. Hal tersebut dikarenakan telah terpenuhinya faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas suatu hukum, seperti sarana dan fasilitas mengalami peningkatan dan sudah sesuai dengan ketentuan yang diatur, dapat dilihat dari partisipasi masyarakat yang semakin tinggi merespon setiap kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah Kota Malang.

English Abstract

In writing this thesis, the author discussed about complaints with the online system, Sambat (Integrated Asking Community Application System) Online. This research is motivated by the participation of malang citizens in public services through the utilization of Aspiration Services and Online Complaints page. The presence of Sambat Online is intended so that the public can easily provide aspirations related to public services. With the obligation in accordance with the provisions of Mayor Regulation No. 19 of 2010 concerning the Implementation of Public Complaint Services in this case the author will raise 2 formulations of problems that exist in the writing of this thesis, namely about: 1) How is the Effectiveness of Malang Mayor Regulation Number 19 Year 2010 concerning the Implementation of Public Complaint Services In Malang City? and; 2) What Factors Affect the Effectiveness of Malang Mayor Regulation Number 19 Year 2010 concerning The Implementation of Public Complaint Services In Malang City? The problem is the author of the study using empirical juridical research methods, by taking a sociological juridical approach. This type of data uses primary data conducted by the Author with direct interviews with resource ix persons in the Communication and Informatics Office of Malang City and secondary data conducted by the author looking for legislation and theories of experts. The technique of obtaining data is carried out by the author by means of interviews, field studies, and literature studies. The results of this study conducted by this author, it can be concluded that, in terms of the application of Sambat Application as a Means of Organizing Public Complaint Services In the City of Malang can be said to have run effectively in the community. This is because the fulfillment of factors that affect the effectiveness of a law, such as facilities and facilities have increased and are in accordance with the regulated provisions, can be seen from the higher community participation in response to every policy issued by the local government of Malang City.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521010091
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 03 Dec 2021 03:24
Last Modified: 17 Oct 2024 02:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186775
[thumbnail of ROCHMATUL EKKY RAKASIWI.pdf] Text
ROCHMATUL EKKY RAKASIWI.pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item