Perlindungan Hukum Bagi Mahasiswa Penyandang Disabilitas Dalam Memperoleh Pendidikan Inklusif (Studi Di Pusat Studi Dan Layanan Disabilitas Universitas Brawijaya)

Syafitri, Muhammad Maulana (2015) Perlindungan Hukum Bagi Mahasiswa Penyandang Disabilitas Dalam Memperoleh Pendidikan Inklusif (Studi Di Pusat Studi Dan Layanan Disabilitas Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Negara Indonesia adalah Negara yang memperhatikan penjaminan HAM sejak Indonesia belum merdeka. Salah satu hak asasi manusia yang berhak dimiliki setiap manusia ataupun warga negara adalah hak untuk memperoleh pendidikan. Di setiap negara, dalam hal penyelenggaraan pendidikan nasional, didasarkan pada hukum dan sistem yang berbeda. Tetapi, ada satu filosofi dasar yang berlaku secara universal di negara mana pun, yaitu kewajiban asasi bagi setiap warga negara sebagai manusia untuk menyelenggarakan pendidikan nasional. Pentingnya semua warga negara untuk mendapatkan pendidikan tanpa membedakan ras, suku, agama, apalagi fisik dewasa ini semakin menjadi isu menarik yang terus berusaha dikembangkan oleh banyak pihak. Apalagi setelah Indonesia meratifikasi konvensi hak-hak penyandang disabilitas melalui Undang- Undang Nomor 19 Tahun 2011 tentang Pengesahan Konvensi mengenai hak-hak penyandang disabilitas. Membuat pemerintah dalam hal ini memiliki komitmen dan tanggung jawab penuh untuk memudahkan penyandang disabilitas dalam memperoleh hak nya. Terutama hak dalam bidang pendidikan. Penelitian ini mengangkat permasalahan tentang pelaksanaan pendidikan inklusif untuk penyandang disabilitas di Universitas Brawijaya. Serta menganalisis jaminan perlindungan hukum mahasiswa penyandang disabilitas Universitas Brawijaya sebagai implementasi Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2011 tentang Pengesahan Konvensi mengenai hak-hak penyandang disabilitas. Untuk memecahkan permasalahan itu, penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum empiris dengan pendekatan sosio legal. Bahan hukum yang diperoleh akan dianalisis dengan menggunakan teknik kualitatif dan teknis analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini bahwa implementasi aturan perlindungan hukum Undang- Undang Nomor 19 Tahun 2011 diwujudkan melalui pembentukan Pusat Studi dan Layanan Disabilitas berdasarkan SK REKTOR UB Nomor 135/SK/2012. Aturan pelaksanaanya diatur melalui Permendikbud No 46 Tahun 2014 tentang Pendidikan Khusus, Pendidikan Layanan Khusus dan/atau Pembelajaran Layanan Khusus Pada Pendidikan Tinggi.

English Abstract

Indonesia is a country that consider the human rights before get the freedom. One of the human rights of every human being is entitled to the right to education. In each country, in the implementation of national educaton, based on the law and different systems. However, there is one basic philosophy universally applicable in any country, which is fundamental obligation of every citizen as a human being for the national education. The importance of all citizens to education regardless of race, ethnicity, religion, phsyical especially nowadays more and is an issue that continues to e developed by many parties. Especially after Indonesia ratified the Convention on the right of persons with disabilities through Act No. 19 of 2011 on the Ratification of the Convention on the rights of persons with disabilities. Make the government in this case has a full commitment and responsibility to facilitate persons with disabilities in obtaining its rights. Especially the right to education This study raises the issue of implementation of inclusive education for persons with disabilities in UB. And to analyze the legal protection guarantee UB students rith disabilities as the implementation of Law No. 19 of 2011 on the Ratification of the Convention on the rights of persons with disabilities. To solve the problem, this research uses empirical legal research methods socio legal approach. Legal materials obtained will be analyzed using qualitative techniques and technical descriptive analysis. The result of this study that the impelementation of the rule of law protection Act No. 19 of 2011 is realized through the establishment of Center for Studies and Disability Services by decree RECTOR UB No. 135/SK/2012. Implementation rules set by Permendikbud No. 46 Year 2014 on Special Education Service and/or the Special Service Learning In Higher Education

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0515010001
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Pendidikan Inklusif, Penyandang Disabilitas, legal protection, inclusive education, persons with disabilities
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 24 Nov 2021 07:19
Last Modified: 24 Nov 2021 07:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186774
[thumbnail of Rizky Ananda Putri.pdf]
Preview
Text
Rizky Ananda Putri.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item