Pelaksanaan Fungsi Pengawasan Pencemaran Limbah Bahan Berbahaya Dan Beracun (B3) Abu Slag Aluminium Pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jombang (Studi Di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jombang)

Putra, Mukhamad Andri Cahya (2021) Pelaksanaan Fungsi Pengawasan Pencemaran Limbah Bahan Berbahaya Dan Beracun (B3) Abu Slag Aluminium Pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jombang (Studi Di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jombang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Permasalahan pada skripsi ini adalah pencemaran limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) Abu Slag Aluminium Pilihan tema tersebut dilatar belakangi oleh adanya temuan limbah yang ada di kawasan Dam Yani. perbuatan masarakat dumping B3 secara illegal, hal tersebut menjadi tolak ukur lemahnya pengawasan dari DLH Jombang sehingga bertentangan dengan Pasal 175 Peraturan Pemerintah Nomor Tahun 2014 tentang Pengelolaan Limbah B3. Bahwa setiap orang dilarang melakukan Dumping (pembuangan) limbah ke media lingkunganhidup tanpa izin. Sebelum seseorang dapat melakukan Dumping harus mendapatkan izin dari Menteri. rumusan masalah dalam penelitian ini: (1) Bagaimana pelaksanaan fungsi pengawasan yang di lakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jombang terhadap pencemaran Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) Abu Slag Aluminium? (2) Apa faktor pendukung dan penghambat Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jombang dalam melakukan pengawasan pencemaran Limbah B3 Abu Slag Aluminium?, (3) Apa upaya yang dapat dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jombang dalam melakukan pengawasan pencemaran Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) Abu Slag Aluminium? Metode yang diggunakan dalam penelitian adalah yuridis empiris dengan metode pendekatan yuridis sosiologis. Data hukum primer dan data hukum primer yang diperoleh oleh penulis dan dianalisa menggunakan Teknik deskriptif kualitatif. Yaitu salah satu metode analisis data dengan cara mengungkapkan melalui fakta yang terjadi pada kondisi sebenarnya di masyarakat melalui wawancara secara mendalam dan tertulis, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dengan metode di atas, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada bahwa tindakan yang dilakukan DLH Jombang atas permasalahan pencemaran limbah B3 dilakukan dengan metode pengawasan, pengawasan secara langsung dan tidak langsung. Pengawasan secara langsung, melakukan observasi langsung terkait pengelolaan, dan dumping limbah B3. Faktanya masih banyak industri belum memenuhi dokumen pemanfaatan limbah dan belum berbadan hukum dan tidak memiliki izin UKL-UPL. Sehingga bertentangan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2014. Sedangkan Pengawasan tidak langsung dengan laporan yang diberikan para industri setiap 6 bulan sekali dengan menyerahkan secara tertulis maupun lisan

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521010083
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 24 Nov 2021 03:01
Last Modified: 24 Feb 2022 03:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186764
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Mukhamad Andri Cahya Putra.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item