Analisis Pengaturan Safe Harbor Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 80 Tahun 2019 Tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik Terkait Tanggung Jawab Marketplace Sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik Atas Pelanggaran Hak Cipta

Erliyandi, Mega Junia (2021) Analisis Pengaturan Safe Harbor Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 80 Tahun 2019 Tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik Terkait Tanggung Jawab Marketplace Sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik Atas Pelanggaran Hak Cipta. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada Skripsi ini, penulis mengangkat permasalahan pengaturan Safe Harbor dalam Peraturan Pemerintah Nomor 80 Tahun 2019 Tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik terkait tanggung jawab Marketplace selaku PSE atas perdagangan yang melanggar hak cipta. Pengaturan Safe Harbor di Indonesia sebenarnya sudah diatur dalam Surat Edaran Kominfo Nomor 5 Tahun 2016, namun di dalam Peraturan Pemerintah Nomor 80 Tahun 2019 substansi mengenai Safe Harbor terkait tanggung jawab Marketplace yang ada di dalam Surat Edaran Menteri belum diatur. Berdasarkan uraian diatas, skripsi ini mengangkat rumusan masalah, yaitu: (1) Bagaimana Analisis syarat dan ketentuan (Terms and Conditions) Marketplace selaku PSE dalam mencegah perdagangan barang atau jasa yang melanggar Hak Cipta dikaitkan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 80 Tahun 2019? Dan (2) Bagaimana tanggung jawab Marketplace selaku PSE terhadap tranksaksi perdagangan yang melanggar hak cipta menurut Peraturan yang ada di Indonesia dan di Amerika Serikat? Kemudian, penulisan skripsi ini menggunakan metode yuridis normatif dengan metode pendekatan perundang-undangan (statute approach) dan metode pendekatan perbandingan (comparative approach). Bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder yang diperoleh penulis akan dianalisis dengan menggunakan metode penafsiran gramatikal, penafsiran sistematis dan penafsiran komparatif. Dari hasil penelitian dengan menggunakan metode yang telah disebutkan diatas, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada, bahwa syarat dan ketentuan (Terms and Conditions) Marketplace selaku PSE dalam mencegah perdagangan barang atau jasa yang melanggar Hak Cipta, Shopee dan Tokopedia telah mengatur cukup jelas mengenai barang dan jasa yang dilarang dan dibatasi, batasan tanggung jawab atas pelanggaran yang dilakukan penggunanya, ganti kerugian serta penyelesaian sengketa. Tanggung jawab Marketplace selaku PSE terhadap tranksaksi perdagangan yang melanggar hak cipta dilihat dari perbandingan peraturan Digital Millennium Copyright Act dan Peraturan pemerintah Nomor 80 Tahun 2019 tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik adalah Indonesia belum memiliki kepastian hukum mengenai perlindungan Safe Harbor kepada Marketplace , karena produk Surat Edaran Kominfo No. 5 Tahun 2016 yang mengatur Safe Harbor di Indonesia ini tidak termasuk kedalam hierarki peraturan perundang-undangan. Dan disimpulkan beberapa indikator Marketplace bertanggung jawab atas pelanggaran yang terjadi di platform nya dan tidak diberikan Safe Harbor yaitu, ketika terjadi direct infringement , ketika sesuatu yang melanggar diunggah dan mendapatkan keuntungan dari perbuatan itu, dan ketika terjadi pelanggaran indirect infringement.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520010183
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 24 Nov 2021 02:38
Last Modified: 24 Feb 2022 16:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186760
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
MEGA JUNIA ERLIYANDI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item